Breaking News:

Berita Belitung

Bea Cukai Tanjungpandan Sebut Dua Bulan Terakhir Tidak Ada Kegiatan Ekspor dan Impor

Terhitung dari bulan Januari sampai Februari tahun 2020 terpantau tidak ada aktivitas kegiatan ekspor dan impor barang melalui Kantor Bea Cukai

Posbelitung.co/Ferdi Aditiawan
Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai (PKC) Bea Cukai Tanjungpandan Haryono 

POS BELITUNG.CO, BELITUNG--Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai (PKC) Bea Cukai Tanjungpandan Haryono mengatakan terhitung dari bulan Januari sampai Februari tahun 2020 terpantau tidak ada aktivitas kegiatan ekspor dan impor barang melalui Kantor Bea Cukai Tanjungpandan.

"Ya dua bulan terakhir tidak ada aktivitas keluar masuk barang, terkhusus dari negara China. Mungkin karena adanya wabah virus corona dan hal lainnya saya tidak tahu pasti, sebab yang berwenang memantau langsung itu dari pusat karena berhubungan dengan kegiatan lintas negara," kata Haryono kepada Posbelitung.co, Rabu (4/3/2020).

Haryono menyebutkan barang komoditi yang biasanya masuk (Impor) antara lain seperti: sparepart mesin sawit dari Negara Malaysia, sparepart mesin kaolin dari China, aspal dari Singapura, dan entrasit dari Vietnam.

Sedangkan barang komoditi yang keluar (ekspor) yakni Central Palm Oil (CPO) ke Negar China, Singpura, dan Vietnam, karet ke Pakistan, ikan kerapu ke Hongkong, kaolin ke China, dan Malaysia.

Dikatakan Haryono guna mengantisipasi virus corona, terkhusus barang impor dari Negara China apabila nantinya mau masuk.

Sementara waktu ini bea cukai hanya menerima surat dokumen persayaratan yang di print dari e-mail yang nantinya akan dikirim sebagai tanda.

"Jadi tidak harus surat aslinya seperti kegiatan Impor sebelumnya. Karena terpantau warga negara china saat ini sedang takut keluar rumah untuk mengurus persyaratan,"jelas Haryono.

Lebih lanjut ia mengatakan terkait pengawasan penumpang, keluar masuk barang, dan hal lainnya, saat  ini Bea Cukai Tanjungpandan telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), balai karantina, pihak pelabuhan, dan bandara dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

(Posbelitung.co/Ferdi Aditiawan)

Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved