Breaking News:

Berita Belitung

70 Balon Ikut Penjaringan Pilkades Serentak 2020 Belitung di 15 Desa, Tiga Ini yang Paling Laris

Tahap penjaringan bakal calon (balon) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2020 di 15 desa Kabupaten Belitung telah selesai.

posbelitung.co/dede s
Plt Kepala DPPKBPMD Kabupaten Belitung Munawir. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Tahap penjaringan bakal calon (balon) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2020 di 15 desa Kabupaten Belitung telah selesai.

Berdasarkan daftar jumlah balon yang diterima Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung, ada 70 balon yang mengikuti tahap penjaringan kali ini.

Kemudian, ada tiga desa yang jumlah balon lebih dari lima orang.

Di antaranya Desa Air Saga berjumlah 11 orang, Desa Bantan berjumlah enam orang dan Desa Lassar tujuh orang.

"Tahap penjaringan memang sudah selesai, sekarang ini kami masih menunggu tahap penyaringan selama 20 hari dari tanggal 4 sampai 24 Maret ini," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPPKBPMD Kabupaten Belitung Munawir, Kamis (5/3/2020).

Ia menjelaskan secara aturan, jumlah maksimal balon dalam perhelatan pilkades berjumlah lima orang.

Oleh sebab itu, bagi jumlah balon yang lebih dari lima orang akan menjalani proses seleksi tambahan di tingkat kabupaten.

"Jadi untuk seleksi tambahan balon itu dijadwalkan dari 30 Maret sampai 3 April di kabupaten. Nanti panitia akan melaksanakan seleksi seperti administrasi, tertulis dan wawancara," jelasnya.

Pasca menjalani seleksi tambahan, tepatnya tanggal 6 April panitia kabupaten akan menyampaikan hasilnya kepada panitia desa.

Selanjutnya panitia desa akan melakukan penetapan balon menjadi calon sekaligus pengambilan sumpah dan nomor urut pada tanggal 7 April 2020.

Halaman
12
Penulis: Dede Suhendar
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved