Breaking News:

Berita Belitung

Lebih dari 30 Negara Konfirmasi Kehadiran Pada MNEK TNI Angkatan Laut di Belitung

Acara yang diadakan TNI Angkatan Laut ini merupakan latihan bersama non tempur yang akan dilangsungkan Agustus mendatang.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kabid Community Activity MNEK 2020 Kolonel Marinir Etwin Ramadhan, Kamis (5/3/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Lebih dari 30 negara telah mengkonfirmasi kehadiran pada gelaran Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2020 di Belitung.

Acara yang diadakan TNI Angkatan Laut ini merupakan latihan bersama non tempur yang akan dilangsungkan Agustus mendatang.

"Persiapan ini sudah rapat koordinasi mendekati kesiapan perencanaan 50 persen, tinggal acaranya nanti sesuai dinamika berjalan. Negara-negara yang diundang sekitar 54 negara, yang sudah mengonfirmasi keikutsertaan lebih 30, mudah-mudahan bisa lebih meningkat lagi," kata Kabid Community Activity MNEK 2020 Kolonel Marinir Etwin Ramadhan, Kamis (5/3/2020).

Nantinya, acara MNEK akan dilaksanakan dengan beragam rangkaian acara seperti pelayanan medis dan pembangunan sarana kemasyarakatan berupa sarana ibadah dan sarana jalan masyarakat dan tempat fasilitas umum.

Serta ada community activity yakni pagelaran seni budaya lokal dan internasional yang ditampilkan peserta yang mengikuti kegiatan MNEK.

Selain juga program olahraga serta lomba memasak makanan khas lokal.

Terkait persiapan menjelang acara tersebut, ia mengatakan pihaknya sudah menyurvei dermaga sandar kapal para peserta.

Menurutnya memang perlu ada renovasi kembali dari Pemkab, agar sarana alutsista yang dimiliki TNI AL dan kapal perang asing bisa bersandar di dermaga Belitung.

"Syaratnya seperti kedalaman dan luas dan lebar dermaga, panjang dermaga bisa 100-200 meter, serta sarana fasilitas pendukung untuk bekal ulang kapal itu sangat dibutuhkan," ujar Etwin.

"Kalau panjang dermaga di Belitung sudah memenuhi syarat, namun ada beberapa fasilitas yang perlu dibenahi. Kalau kedalaman juga sudah representatif, surut rendah 7-8 meter, sudah lumayan untuk sandarkan kapal-kapal," imbuh dia (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved