Breaking News:

Berita Sungailiat

Cara PKK Bangka Atasi Sampah Plastik dengan Metode Ecobrick

Metode Ecobrick sendiri, merupakan cara meminimalkan dampak sampah plastik dengan menggunakan media botol plastik

(Bangkapos.com/Ramandha) 
Ketua PKK Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan 

POSBELITUNG.COM, BANGKA - PKK Kabupaten Bangka baru-baru ini menggunakan Metode Ecobrick dalam meminimalisir dampak sampah plastik yang merupakan sumber utama penumpukan sampah di Indonesia.

Sampah plastik sendiri, merupakan jenis sampah yang sulit diuraikan dalam kurun waktu 1000 tahun.

Hal ini diperparah dengan kondisi pemusnahan sampah plastik menggunakan cara dibakar juga akan menimbulkan permasalahan pencemaran udara.

Ketua PKK Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan menyampaikan Metode Ecobrick sendiri, merupakan cara meminimalkan dampak sampah plastik dengan menggunakan media botol plastik yang diisi penuh dengan sampah anorganik bersih.

"Itu dilakukan hingga botol tersebut benar-benar keras dan padat. PKK Kabupaten Bangka sekarang sudah fokus dalam meminimalisir sampah plastik ini," jelasnya kepada Bangkapos.com, Sabtu (7/3/2020).

Tujuan digunakannya metode Ecobrick ini, dikatakannya, untuk mengurangi sampah plastik, serta mendaur ulangnya dengan media botol plastik dijadikan benda atau sesuatu yang berguna.

Dia menuturkan, dari botol plastik bekas ini, nantinya dapat menjadi berbagai macam barang dan hiasan-hiasan berguna.

Seperti vas bunga, botol minum dan juga bisa dijadikan kolam ikan hias.

"Ini adalah salah satu inovasi kita. Kalau ada rapat di PKK misalnya, tidak lagi menggunakan air kemasan. Tapi kita bawa sendiri pakai Tumbler," ungkapnya.

PKK Kabupaten Bangka, sampai saat ini, juga terus berupaya dalam meminimalisir jumlah dan dampak sampah plastik tersebut

Memberikan edukasi kepada seluruh elemen masyarakat, serta berharap agar masyarakat dapat secara mengurangi pemakaian limbah plastik, khususnya di Kabupaten Bangka.

"Kalau ada kegiatan PKK juga, hal ini terus kita kasih tahu, kita kasih pembelajaran, terutama ke anggota dulu. Kedepannya harus ada inovasi yang terbaru dari pengurangan jumlah sampah plastik," pungkas istri dari Bupati Bangka, Mulkan, ini. (Bangkapos.com/Ramandha)

Editor: Hendra
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved