Breaking News:

Berita Belitung

182 Siswa MAN 1 Belitung Mengikuti UAMBN-BK, Masdar Ingatkan Siswa Belajar, Jujur dan Teliti

182 Siswa MAN 1 Belitung Mengikuti UAMBN-BK, Masdar Ingatkan Siswa Belajar, Jujur dan Teliti

Editor: nurhayati
Ist/Kemenag Belitung
Para siswa-siswi MAN 1 Belitung saat mengikuti UAMBN-BK, Senin (9/3/2020) 

POS BELITUNG.CO, BELITUNG--Sebanyak 182 orang siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Kabupaten Belitung mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional- Berbasis Komputer (UAMBN-BK) yang berlangsung secara serentak di Indonesia.

Ujian tersebut akan berlangsung selama tiga hari, dimulai hari ini Senin (9/3/2020) sampai Rabu (11/3/2020) mendatang.

Mata pelajaran yang diujikan meliputi Al-Quran Hadis, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan waktu pengerjaan selama dua jam.

Pelaksanaan ujian secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung Masdar Nawawi, turut hadir Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah Novarianto, Pengawas Madrasah Nunung, Kepala MAN 1 Belitung Sarwani beserta guru dan staf, serta tamu undangan lainnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung Masdar Nawawi mengatakan pelaksanaan UAMBN-BK ini mengacu kepada amanat UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dalam artian evaluasi peserta didik, satuan, dan program pendidikan yang dilakukan oleh lembaga mandiri secara berkala, menyeluruh, serta sistematik.

Menurutnya,  tujuan pelaksanaan ujian akhir guna memetakan mutu pendidikan, sekaligus mengukur pencapaian kompetensi lulusan madrasah secara nasional.

"Oleh karena itu ujian ini (UAMBN-BK) sangat penting dalam rangka memantau pemerataan mutu pendidikan," kata Masdar Nawawi kepada Posbelitung.co, Senin (9/3/2020) di ruang kerjanya.

Ia mengimbau, kepada para siswa-siswi agar belajar, jujur, dan teliti pada saat mengerjakan soal supaya mendapatkan nilai tertinggi dan lulus 100 persen.

Sementara itu Kepala MAN 1 Belitung Sarwani mengatakan, pelaksanaan UAMBN-BK diharapkan mampu menunjang dunia pendidikan, mental dan pola fikir para siswa-siswi MAN 1 agar lebih teliti dalam mengerjakan segala sesuatu.

"Tadi sudah saya imbau kepada anak-anak agar teliti dalam mengerjakan soal. Supaya meraih nilai tertinggi dan lulus 100 persen," kata Sarwani kepada posbelitung.co, Senin (9/3/2020) di Kantor Kemenag Belitung.

(Posbelitung.co/Ferdi Aditiawan)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved