Mau Tahu Cara Mengecek Kesegaran Telur yang Layak Konsumsi? Ini Tipsnya

Telur merupakan bahan pangan yang banyak digemari masyarakat.Selain harganya yang ekonomis, telur pun memiliki banyak nutrisi dan protein

Mau Tahu Cara Mengecek  Kesegaran Telur yang Layak Konsumsi? Ini Tipsnya
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Pedagang telur Eeng Suhendar (56) akan menimbang telur ayam yang dipesan pembeli di kiosnya di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Jumat (13/7/2018). 

POSBELITUNG.CO-- Banyak ibu rumah tangga yang selalu menyediakan telur di rumah. Pasalnya jika tdak ada lauk maka telur menjadi alternatif untuk dimasak.

Selain harganya yang ekonomis, telur pun memiliki banyak nutrisi dan protein untuk kebutuhan manusia.

Apalagi telur sangat disukai semua kalangan dari anak kecil hingga orang dewasa.

Namun terkadang saat membeli telur seringkali tidak mengetahui telur tersebut sudah busuk. Saat dipecahkan baru lah diketahui kondisi telur tidak bagus lagi.

Untuk itu perlu diketahui cara memilih telur yang kondisinya bagus.

Pakar nutrisi Dr. Desianto Budi Utomo, Ph.D. menjelaskan, cara sederhana melihat telur masih layak konsumsi adalah dari lebaran telur ketika dipecahkan.

Ketika telur dipecahkan, kemudian terlihat sempit dan masih telihat menggumpal, maka dipastikan telur tersebut masih segar.

Sebaliknya, jika ketika telur dipecahkan dan hasilnya telur melebar, serta cenderung tidak menggumpal atau lembek, maka telur tersebut sudah tidak segar lagi.

“Ketika dipecahkan kemudian melebar dan lembek artinya sudah tidak segar. Namun sebaliknya, jika terlihat sempit dan cenderung menggumpal, maka telur tersebut masih bagus dikonsumsi,” jelas Dr. Desianto.

Ilustrasi telur ayam
Ilustrasi telur ayam (KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Terdapat beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk memastikan kesegaran telur.

Halaman
123
Penulis: tidakada008
Editor: nurhayati
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved