Breaking News:

Berita Belitung

Meski Harga Melonjak, Stok Gula Pasir di Belitung Aman

Kabid Perdagangan Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Rita Yuliani menyebut hingga saat ini stok gula di Belitung aman.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: nurhayati
Tribun kaltim
Ilustrasi gula pasir. 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Meski harga gula pasir di pasaran sudah melonjak hingga Rp 16.000 per kilogram, Kabid Perdagangan Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Rita Yuliani menyebut hingga saat ini stok gula pasir di Belitung aman.

Berdasarkan data yang dihimpun pihaknya dari distributor gula pasir lokal, saat ini stok gula pasir sebanyak 285 ton.

Stok tersebut diperkirakan cukup hingga setelah Idul Fitri nanti.

"Stok Belitung aman sebenarnya, stok di distributor itu aman, hanya harganya memang naik, karena dari sananya juga naik. Kita bergantung pengiriman dari Jakarta karena di sini tidak ada pertaniannya," katanya, Senin (9/3/2020).

Menurutnya, keterbatasan stok gula pasir maupun bawang putih bukan hanya terjadi di Kabupaten Belitung, tapi juga secara nasional.

Makanya ia menjelaskan berdasarkan rilis Kementerian Perdagangan, kedua komoditas tersebut impornya bakal dipercepat untuk memenuhi kebutuhan saat Ramadan.

Pasalnya, musim panen tebu di Indonesia saat itu belum mulai.

Kabid Perdagangan Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Rita Yuliani, Senin (9/3/2020).
Kabid Perdagangan Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Rita Yuliani, Senin (9/3/2020). (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Isu keterbatasan stok gula pasir juga dibuat karena adanya penumpukan akibat dari kasus virus COVID-19.

"Mereka tahu impor banyak dari China, padahal untuk bahan makanan tidak berpengaruh. Sudah diambil tindakan kemendag masalah gula sudah dibuka keran impor, jadi bisa terselesaikan," jelas Rita.

Stok Gula Kosong

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved