Breaking News:

Berita Belitung Timur

Tiap OPD Pemkab Belitung Timur Harus Punya Spesifikasi Program

"Selama ini usulan-usulan dari desa jarang muncul sampai ke kecamatan. Sekarang kami ubah supaya memperbaiki mekanismenya," kata Ikhwan

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Dedi Qurniawan
Posbelitung.co/BryanBimantoro
Kepala Bappelitbangda Bayu Priyambodo dan Sekretaris Daerah Beltim Ikhwan Fahrozi saat membuka forum OPD, Senin (9/3/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNGTIMUR - Sekretaris Daerah Belitung Timur Ikhwan Fakhrozi mengatakan setiap OPD harus ada spesifikasi program dan tidak boleh ada yang sama programnya.

Hal ini ia katakan dalam pembukaan Forum OPD Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemda Belitung Timur tahun anggaran 2021 di Ruang Rapat Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Senin (9/3/2020).

"Selama ini usulan-usulan dari desa jarang muncul sampai ke kecamatan. Sekarang kami ubah supaya memperbaiki mekanismenya," kata Ikhwan kepada posbelitung.co, Senin.

Menurutnya tahun ini setiap usulan akan diidentifikasikan dengan pagu indikatif kewilayahan. Artinya setiap kecamatan dilihat dulu variabelnya yang membedakan dengan kecamatan lain.

"Tahun lalu pagu indikatifnya sama. Akibatnya ada usulan-usulan yang tak bisa diakomodir. Maka dari itu setiap OPD harus mencermati jangan sampai ada yang sama atau mirip-mirip programnya. Biar anggaran bisa buat hal lain yang lebih penting," tambah Ikhwan.

Apalagi, sambungnya, ini merupakan tahun terakhir bupati dan wakil bupati dalam melaksanakan visi dan misinya. Tahun pertama baru melaksanakan beberapa program dan sekarang sudah berjalan beberapa program untuk mempercepat pencapaian.

"Ini yang jadi tanggung jawab kita ke masyarakat," ujar Ikhwan.

Ditemui di kesempatan yang sama, Kepala Bappelitbangda Bayu Priyambodo mengatakan forum ini penting karena setelah musrenbang di kecamatan, teman-teman OPD melaksanakan survey terhadap usulan-usulan yang disampaikan. Dari survey itulah nanti dasar pembangunannya, seperti volumenya berapa hingga alokasinya berapa.

"Seperti kata Pak Ikhwan tadi, akan disesuaikan dengan pagu infikatif wilayah. Nanti OPD akan menyampaikan ke tim delegasi kecamatan, misal dalam penbangunan jalan kabupaten sekian miliar dan sekian kilometer. Setiap kecamatan nanti akan kebagian berapa-berapanya berdasarkan survey," terang Bayu sembari mengatakan demikian juga untuk program-program non fisik, seperti pembangunan ekonomi serta pelatihan-pelatihan.

Setelah forum OPD akan disusun rancangan akhir RKPD dan Renja yang nanti akan dimusrenbangkan. Termasuk hasil reses yang sedang dilaksanakan oleh DPRD Beltim saat ini nanti akan dipadukan dengan Renja OPD.

"Kami berharap usulan atau program untuk tahun 2021 dapat merumuskan beberapa kebijakan dan program strategis guna memacu percepatan pencapaian target pembangunan di Belitung Timur," harapnya. (Posbelitung.co/ BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved