Breaking News:

Berita Belitung

21 Anggota Sekretariat PPK Dilantik, Ketua KPU Belitung Timur Tekankan Kerja Profesional

Sebanyak 21 orang anggota Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
21 anggota Sekretariat PPK dilantik oleh ketua KPU Beltim Rizal disaksikan oleh tamu undangan. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sebanyak 21 orang anggota Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur, Selasa (10/3/2020) di Ruang Satu Hati Bangun Negeri Kantor Bupati Beltim. Jumlah itu terbagi ke tujuh kecamatan sehingga setiap kecamatan berjumlah tiga orang sekretariat.

Ketua KPU Beltim Rizal mengatakan ada yang berbeda pada pelantikan hari ini. Pada pemilu dan pilkada sebelumnya yang melantik dari pemerintah daerah namun kali ini langsung dari KPU.

"Dari perbedaan ini kami ingin menekankan bahwa walaupun mereka ditunjuk oleh bupati namun tetap bekerja di bawah kop KPU. Namun, tetap dari segi tugas pokok dan fungsinya tidak ada perbedaan dengan yang lalu," kata Rizal kepada posbelitung.co seusai pelantikan.

Rizal berpesan menyampaikan ketika mereka sudah diambil sumpah dan janjinya mereka wajib melaksanakan tugas mereka sebaik-baiknya, utamanya dalam pelaksanaan anggaran.

Seluruh anggota sekretariat PPK ini merupakan ASN dan tugasnya wajib mengolah anggaran maupun memfasilitasi segala bentuk kegiatan PPK dalam Pilkada Beltim September mendatang.

"Kemudian di atas itu semua, penyelenggara sekretariat harus menjunjung tinggi profesionalitas, netralitas, dan independensi. Bagi mereka yang tak melaksanakan itu bisa dikenakan sanksi yang berat," tegas Rizal.

Ia berharap anggota sekretariat PPK ini bisa bekerja secara lancar dan kejadian-kejadian di masa lalu tidak terjadi lagi di penyelenggaraan tahun ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung Timut Burhanudin menganggap pelantikan sekretariat PPK ini bukan hanya seremonial belaka namun lebih dari itu. Menurutnya peranan PPK maupun sekretariat PPK sangat penting dalam penyelenggaraan Pilkada tahun ini.

"Jika penyelenggara pemilunya berkualitas maka akan terwujud pemilu yang berkualitas juga. Hal itu bisa diwujudkan jika penyelenggara pemilu mempunyai integritas yang tinggi serta memahami dan menghormati hak-hak sipil dan politik dari setiap warga negara," kata Burhanudin.

Ia mengucapkan selamat kepada anggota sekretariat yang terpilih dan berpesan agar bekerja sebaik-baiknya demi terselenggaranya pesta demokrasi yang berkualitas.

"Bekerjalah sesuai aturan. Dalami dan pahami secara baik regulasi yang ada. Jika kinerja para penyelenggara pilkada berkualitas, maka kita dapat mewujudkan kedaulatan rakyat dalam pemerintahan negara yang demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," pesan Burhanudin.

(Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved