Breaking News:

Berita Belitung

Antisipasi Virus Corona Berdampak Pada Ekonomi, Dana Bantuan Program Sembako Dinaikkan

"Ya ada penambahan yang sebelumnya Rp150 Ribu sekarang menjadi Rp200 ribu.," kata Faisal Fahmi

Posbelitung.co / Ferdi Aditiawan
Manager Bulog KCP Tanjungpandan Faisal Fahmi 

Antisipasi Virus Corona Berdampak Pada Ekonomi, Dana Bantuan Program Sembako Dinaikkan

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemberian dana bantuan program sembako bagi masyarakat terhitung awal bulan Maret sampai Agustus tahun 2020 mengalami kenaikan sebesar Rp 50 ribu.

Hal ini diungkapkan oleh Manager Bulog Kantor Cabang Pembantu (KCP) Tanjungpandan Faisal Fahmi kepada posbelitung.co, Selasa (10/3/2020).

"Ya ada penambahan yang sebelumnya Rp150 Ribu sekarang menjadi Rp200 ribu.," kata Faisal Fahmi

Ia mengatakan penambahan dana bantuan tersebut berlaku di seluruh daerah sesuai dengan arahan dari Kementerian Sosial (Kemensos) dalam rangka mengantisipasi wabah virus corona terhadap Perekonomian Indonesia.

"Alokasi pertama diberlakukan enam bulan terlebih dahulu. Ke depan kemungkinan akan berkelanjutan," ujar Faisal Fahmi.

Dikatakan Faisal Fahmi, program sembako diberlakukan pada bulan Januari lalu sebagai bentuk penyempurnaan dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang selama ini telah berjalan dan diberikan kepada masyarakat.

Ia mengungkapkan dalam program sembako ini terdapat empat kebutuhan yang harus terpenuhi bagi masyarakat yakni Karbohidrat seperti beras jagung sagu, protein Hewani: ikan ayam, daging, protein Nabati: kacang-kacangan, tahu dan tempe, serta vitamin dan mineral: sayur-sayuran dan buah-buahan.

Lanjutnya, sedangkan pencairan dana bantuan dilakukan sekitar tanggal 1-12 setiap bulan yang nantinya bisa digunakan masyarakat guna memenuhi empat kebutuhan.

"Sistem belanja harus di E-warung yang telah ditentukan. Terdapat 41 E-warung yang aktif di Belitung, serta 62 di Belitung Timur," ungkap Faisal Fahmi

Ia menyebutkan terdapat 7.075 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Belitung, dan 4.119 di Belitung Timur. Nantinya diberikan Kartu Keluarga Sehat (KKS) yang di keluarkan oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) bekerja sama dengan Bank BRI.

"Kartu ini hanya bisa digunakan di E-warung yang telah ditentukan dan menjalin kerjasama. Karena apabila semua warung takutnya tidak dibelikan empat kebutuhan yang telah ditentukan," ucap Faisal Fahmi seraya tertawa.

Lebih lanjut ia berpesan kepada masyarakat gunakanlah bantuan program sembako ini dengan sebaik-baiknya dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Program ini dibuat oleh Kemensos agar tidak terjadinya kemiskinan di masyarakat," pungkas Faisal Fahmi (posbelitung.co / Ferdi Aditiawan)

Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved