Advertorial

DPRD Belitung Timur Reses Menyerap Aspirasi Masyarakat

Kunci penting keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah ditentukan antara lain oleh kemampuan pemerintah daerah

ist
DPRD Belitung Timur Reses Menyerap Aspirasi Masyarakat 

POSBELITUNG.CO - Kunci penting keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah ditentukan antara lain oleh kemampuan pemerintah daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dalam menjalankan tugas dan kewenangannya, hubungan yang sinergis di antara keduanya, hubungan pusat dan daerah, serta hubungan antar daerah yang konstruktif.

Kemampuan pemerintah daerah dalam menjalankan tugas dan kewenangannya memiliki makna, yang antara lain ditandai dengan kemampuannya melakukan pengelolaan pemerintah daerah secara profesional dan handal, serta memiliki daya inovasi dan kreasi yang tinggi dalam upaya meningkatkan kualitas manajemen pemerintahan.

Kemampuan DPRD dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah dan peraturan perundang-undangan lainnya, peraturan kepala daerah, APBD, kebijakan pemerintah daerah dalam melaksanakan program pembangunan daerah, akan sangat menentukan keberhasilan pemerintah daerah dalam menjalankan tugas-tugas pembangunannya, sesuai aturan hukum dan koridor kebijakan yang telah disepakati bersama.

Untuk itulah pentingnya pelaksanaan reses yang merupakan kewajiban bagi Pimpinan dan Anggota DPRD, dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat secara berkala untuk bertemu konstituen pada daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Pelaksanaan reses DPRD Kabupaten Belitung Timur dimulai pada Senin (9/3) hingga Rabu (11/3), di masing-masing daerah pemilihan.

Pelaksana reses di Dapil I Kecamatan Manggar dan Simpang Renggiang adalah Oman Anggari, Rohalba, Fezzi Uktolseja, Suladi, Jafri, Mirza Saputra, Akhiruddin, Jimmy Tjong, dan Harminton.

Kemudian di Dapil II Kecamatan Damar dan Kelapa Kampit adalah Benos Rodhiarto, Ismansyah, Tom Haryono Harun, Yohendra, Harjanto Johannes, Koko Haryanto, dan Sunarjo.

Sedangkan Dapil II Kecamatan Gantung, Dendang, dan Simpang Pesak yakni Suhartini, Marwan, Sardidi, Dwi Nanda Putra, Suhandi, Suparman, Sudarsono Sulai, Husaini Rasyid, dan Tjong Jung Min.

Reses ini berfungsi meningkatkan kualitas, produktivitas, dan kinerja DPRD dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat, serta guna mewujudkan peran DPRD dalam mengembangkan check and balances antara DPRD dan pemerintah daerah.

Pimpinan beserta Anggota DPRD Belitung Timur mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran serta antusiasme masyarakat pada pelaksanaan Reses Masa Persidangan I Tahun Sidang 2020 ini.

Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja mengatakan, reses ini penting supaya para wakil rakyat bisa mendengar secara langsung aspirasi dan keluhan dari masyarakat secara dekat.

Memakai cara ini sehingga tidak menciptakan jarak dengan warga yang sudah memilih dalam pemilu legislatif lalu.

“Semua akan kami tampung dan berikan kepada pemerintah daerah. Setiap saran dan aspirasi sangat berarti bagi pembangunan Belitung Timur ke depan,” kata Fezzi seraya mengatakan reses akan diadakan tiga kali dalam setahun alias 14 kali dalam satu periode lima tahun dan karena diakhir masa periode jabatan Anggota DPRD tidak dilakukan reses.

Ia berharap dengan seringnya anggota DPRD Belitung Timur langsung terjun mendengar aspirasi masyarakat berbagai permasalahan bisa diatasi karena langsung berasal dari yang dialami masyarakat.

“Namun, kami juga tidak menutup pintu kepada masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya di luar masa reses. Pintu DPRD Beltim selalu terbuka bagi masyarakat Belitung Timur,” tegas Fezzi. (Advertorial/s1)

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved