Breaking News:

Berita Belitung

Harga Lada Berkisar Rp 38.000 Hingga Rp 40.000, Kabid Perkebunan Sebut Belum Mencapai Nilai Ekonomis

Harga lada saat ini berkisar sebesar Rp 38.500 ditingkat petani dan di tingkat pengepul (agen) Rp 40.000.

Posbelitung/Ferdi Aditiawan
Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Hamzah 

POSBELITUNG.COM,BELITUNG--Harga lada saat ini berkisar sebesar Rp 38.500 ditingkat petani dan di tingkat pengepul (agen) Rp 40.000.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Hamzah kepada posbelitung, Jumat (13/3/2020).

Hamzah mengatakan harga lada tersebut terpetakan secara benar berdasarkan pantauan langsung dari Kepala Seksi (Kasi) P2HP setiap harinya yang nantinya akan dilaporkan ke pusat.

"Karena lada ini merupakan komoditas unggulan daerah. Jadi dalam hal ini bidang perkebunan akan memantau pergerakan setiap harinya," kata Hamzah.

"Sekaligus sesuai dengan amanah Peraturan Menteri Pertanian (permentan). Dalam hal memantau kami ada namanya Aplikasi Sipasbun yang laporan per hari terhubung ke Kementerian Pertanian," lanjut Hamzah.

Menurutnya harga saat ini dinilai belum ekonomis, karena harga jual lada kategori ekonomis minimal Rp 70.000 per- kilogram.

Lanjutnya, terkait masalah ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dalam hal ini bidang perkebunan akan menggunakan semacam dana APBD maupun APBN guna mengupayakan meningkatkan kualitas produksi pasca panen lada tersebut.

"Kedepannya akan memanfaatkan teknologi pencucian guna memperbaiki hasil produksi. Karena selama ini masih secara manual," ungkap  Hamzah.

(Posbelitung.co / Ferdi Aditiawan)

Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved