Breaking News:

Berita Belitung

Pasca Penyebaran Isu Corona, Iklim Pariwisata Belitung Belum Membaik

Hal ini dikarenakan sektor pariwisata sangat rentan atas berbagai isu seperti kesehatan dan ekonomi.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: nurhayati
Pasca Penyebaran Isu Corona, Iklim Pariwisata Belitung Belum Membaik
Posbelitung.co/Dede Suhendar
Ketua DPD ASPPI Babel Agus Pahlevi.

POSBELITUNG.CO-- Sejak informasi mengenai adanya pasien positif corona di Indonesia yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada awal Maret lalu, tentunya berpengaruh besar terhadap sektor pariwisata.

Belitung yang merupakan salah satu tujuan wisata terfavorit di Indonesia juga ikut terimbas.

Hal ini dikarenakan sektor pariwisata sangat rentan atas berbagai isu seperti kesehatan dan ekonomi. Jika isunya positif maka perubahannya pun ke arah positif, dan sebaliknya.

"Sudah mulai dirasakan penundaan bahkan pembatalan rencana berwisata ke Belitung oleh beberapa wisatawan, walaupun belum terlalu signifikan. Kita menunggu kondisi di Jakarta dan Kuala Lumpur, karena kedua kota ini merupakan gerbang keluar terbesar menuju Belitung bagi wisatawan, selagi disana masih  membolehkan untuk bepergian maka kita bisa survive," ungkap Ketua DPD ASPPI Babel Agus Pahlevi kepada posbelitung.co, Jumat (13/3/2020).

Walaupun demikian, kata Agus, isu tersebut tetap harus disikapi dengan positif dan tidak panik.

Dia menilai virus Covid-19 ini lebih rentan penularannya di dalam ruangan. Sedangkan wisata di Belitung lebih banyak beraktivitas di luar ruangan dan dalam lingkungan yang tropis.

Sementara itu, kebijakan pemerintah yang membebaskan pungutan pajak hotel dan restoran serta memberikan diskon tiket penerbangan ke 10 destinasi wisata menurutnya belum berpengaruh signifikan.

Mengingat ketakutan masyarakat bukan kepada sektor ekonomi tetapi persoalan kesehatan.

"Pengaruh tetap ada, akan tetapi mungkin tidak terlalu besar, karena penundaan melakukan perjalanan bukan disebabkan oleh faktor ekonomi, akan tetapi ancaman kesehatan. Jadi harga murah dalam kondisi saat ini tidak menjamin menarik minat orang untuk berwisata," ungkap Agus. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved