Breaking News:

Berita Belitung

Selama Ini Terisolir, Akhinya Masyarakat Desa Pulau Sumedang Bisa Menikmati Akses Telekomunikasi

Setelah sekian tahun lamanya masyarakat Desa Pulau Sumedang, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung akhirnya bisa menikmati akses telekomunikasi.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Dede Suhendar
Kondisi Desa Pulau Sumedang yang berada di Kecamatan Membalog, Kabupaten Belitung. 

Selama Ini Terisolir, Akhinya Masyarakat Desa Pulau Sumedang Bisa Menikmati Akses Telekomunikasi

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Setelah sekian tahun lamanya masyarakat Desa Pulau Sumedang, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung akhirnya bisa menikmati akses telekomunikasi.

Satu unit alat Very Small Aperture Terminal (VSAT) yang berfungsi sebagai pengirim dan penerima data ke satelit itu telah dipasang oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Belitung.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Belitung Syamsir yang selama ini vokal memperjuangkan akses telekomunikasi di pulau yang berjarak sekitar tujuh jam dari Tanjungpandan itu mengucap syukur.

"Kami tentunya bersyukur atas bantuan ini karena komunikasi itu kan hak dasar rakyat. Artinya kalau mau maju, komunikasi ini harus diutamakan," ungkap Syamsir saat dihubungi Posbelitung.co, Minggu (15/3/2020) itu.

Pria kelahiran Desa Pulau Gersik itu paham betul keluh-kesah masyarakat setempat karena tidaknya adanya akses telekomunikasi.

Kondisi Desa Pulau Sumedang yang terpisah lautan tanpa akses telekomunikasi seperti terisoliasi dari perkembangan jaman.

Jajaran pemerintah desa kesulitan untuk berkoordinasi, berkirim data dengan pemerintah kabupaten.

Terlebih ketika kondisi darurat seperti warga sakit harus dirujuk atau terjadi laka laut, penyampaian informasi sangat sulit.

"Jadi telekomunikasi di sana sebenarnya sangat penting, apalagi Sumedang ini masuk jalur Alki 1 Jakarta-Pontianak. Makanya bantuan ini suatu hal luar biasa dan akan kami dukung penuh," ungkap Syamsir.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Belitung Syamsir.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Belitung Syamsir. (Dok/Syamsir)

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved