Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Belitung

Informasi Belitung Lockdown Bikin Panik, Sekda Tegaskan Baru Sebatas Antisipasi

Beredarnya informasi di Pulau Belitung, sekarang ini sudah dinyatakan status lockdown oleh Bupati Belitung

Pos Belitung/Ardhina Trisila Sakti
Sekda Belitung Hendra Caya 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Beredarnya informasi di Pulau Belitung, sekarang ini sudah dinyatakan status lockdown oleh Bupati Belitung, lantaran ada dua pasien berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) di RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung

Isu tersebut membuat berbagai kepanikan dikalangan masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Belitung H MZ Hendra Caya menegaskan, hingga sekarang ini untuk Belitung belum dinyatakan lockdown. Hanya saja Pemerintah Kabupaten Belitung sekarang ini baru sebatas antisipasi.

"Terutama antisipasi terhadap anak-anak, makanya sekolah-sekolah dari mulai PAUD hingga SMP diliburkan, karena rawan terkait daya tahan tubuh mereka. Tapi untuk lockdown, belum sampai sekarang," tegas Hendra kepada Posbelitung.co, senin (16/3/2020).

Apabila sudah lockdown, kata Hendra, tentu akses pintu masuk Belitung sudah ditutup, baik bagi warga pendatang maupun warga yang ingin keluar daerah serta penerbangan Internasional sementara waktu distop.

"Jadi saya tegaskan lagi, untuk Belitung sementara belum lockdown. Pertimbangan belum lockdown ini, kasus yang sedang di tangani sekarang, betul suspeck, tapi arti dari suspeck itu belum tentu positif terkena virus corona, karena sampel untuk uji laboratorium pasien masih mau dibawa ke Jakarta," ujarnya.

Suspect pada pasien corona ini, lanjut dia, harus dipahami dan di mengerti oleh masyarakat, agar tidak terjadi kepanikan akibat dari Covid-19 ini.

"Ini karena belum ada yang positif, jadi kami belum berani lockdown, dan memang sejak awal tidak ada lockdown. Memang seolah - olah ada yang terkena, padahal tidak, dan pasein ini masih dalam pengamatan. Ya memang salah satu kelemahan kami disini belum ada alatnya untuk uji laboratorium, karena mahal sekali alat itu," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved