Breaking News:

Berita Belitung

Wabah Virus Corona, Pembuatan Paspor dan Kedatangan WNA ke Belitung Mengalami Penurunan

Tingkat pembuatan paspor di kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan mengalami penurunan.

Posbelitung.co/Ferdi Aditiawan
Kepala Kantor Imigrasi kelas II TPI Tanjungpandan Kabupaten Belitung Dewanto Wisnu Raharjo 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Tingkat pembuatan paspor di kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan mengalami penurunan.

Hal ini diungkapkan oleh kepala kantor Imigrasi kelas II TPI Tanjungpandan Dewanto Wisnu Raharjo kepada Posbelitung.co, Senin (16/3/2020).

Ia menduga penurunan pembuatan paspor tersebut kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor yakni kegiatan pemberangkatan ibadah umrah dihentikan sementara, serta terkait wisata ada sebagian negara yang menutup penerbangan akibat dampak penyebaran virus corona (covid-19) yang saat ini sedang mewabah disetiap negara.

"Tentunya hal ini menyebabkan minat masyarakat guna membuat paspor berkurang sehingga terjadi penurunan," kata Dewanto.

Ia menyebutkan terpantau setiap harinya saat ini hanya berkisar kurang lebih 10 orang yang mengajukan pembuatan paspor di kantor Imigrasi kelas II Tanjungpandan.

Sedangkan kalau dihitung normal setiap satu harinya bisa mencapai 20-30 orang yang

"Jadi yang jelas memang mengalami penurunan. Terkait kapan normal belum bisa diprediksi," ujarnya.

Selain itu lanjutnya, ia juga mengukapkan selain pembuatan paspor, kedatangan orang asing di Pulau Belitung berdasarkan statistik penerbangan Air Asia juga mengalami penurunan yang sangat signifikan karena virus corona (covid-19) yang saat ini sedang mewabah.

"Terpantau saat ini kedatangan penerbangan Air Asia hanya membawa 40- 50 orang. Sedangkan normal rata-rata mencapai 100 orang lebih penumpang," ungkapnya.

Dikatakan Dewanto Wisnu Raharjo terkait masalah ini pengawasan orang asing pihaknya terus melakukan pemantauan dan bersinergi dengan tim pengawasan baik ditingkat Kabupaten maupun Kecamatan.

Tak hanya Kantor Imigrasi kelas II TPI Tanjungpandan akan melaksanakan rapat dengan Tim Pora se-Belitung.

Setelah itu kemungkinan para pegawai kantor Imigrasi bersama Dinas Kesehatan dan KKP akan turun langsung ke lapangan untuk melakukan pendataan dan cek kesehatan bagi pekerja maupun orang asing yang berada di Pulau Belitung.

"Ini sebagai langkah Imigrasi guna mengantisipasi dan masuknya penyebaran virus corona (covid-19) di Negeri Laskar Pelangi," jelasnya.

"Sedangkan untuk paspor kami belum bisa memprediksi kapan kembali normal," tukas Dewanto. (Posbelitung.co/Ferdi Aditiawan)

Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved