19 Laboratorium Kesehatan untuk Tes Spesimen Virus Corona di Sejumlah Daerah

Laboratorium Rujukan Pemeriksa boleh menginformasikan hasil pemeriksaan negatif ke rumah sakit, dinas kesehatan, atau laboratorium kesehatan lain

19 Laboratorium Kesehatan untuk Tes Spesimen Virus Corona di Sejumlah Daerah
istimewa
Ilustrasi Laboratorium 

POSBELITUNG.CO - Pemerintah telah menunjuk sejumlah laboratorium di sejumlah daerah, untuk membantu dalam pemeriksaan sampel virus corona.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 182/2020, sejumlah laboratorium di daerah telah ditunjuk menjadi rujukan nasional terkait pemeriksaan spesimen Covid-19.

Tujuan dari keberadaan laboratorium-laboratorium tersebut adalah meningkatkan daya penanggulangan serta penguatan fungsi laboratorium sejak wabah corona ditetapkan sebagai bencana non-alam.

Berikut ini daftar lengkapnya, dilansir dari Antara:

1. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta dengan wilayah kerja, antara lain Maluku, Maluku Utara, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

2. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang dengan wilayah kerja, antara lain Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, dan Lampung.

3. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar dengan wilayah kerja, antara lain Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

4. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya dengan wilayah kerja, antara lain Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

5. Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Papua dengan wilayah kerja, antara lain Papua dan Papua Barat.

6. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jakarta dengan wilayah kerja, antara lain Riau, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Banten.

Halaman
123
Editor: rusmiadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved