Berita Belitung

Dukcapil Belitung Timur Lakukan Gerakan 'Merona', Pelayanan Dokumen Kependudukan Melalui Online

Menyikapi dan mengantisipasi merebaknya virus corona di Belitung Timur, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Belitung Timur melakukan gerakan Merona

Dukcapil Belitung Timur Lakukan Gerakan 'Merona', Pelayanan Dokumen Kependudukan Melalui Online
Posbelitung/Suharli
Plh Kadukcapil Beltim Oktori 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG--Menyikapi dan mengantisipasi merebaknya virus corona di Belitung Timur, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Belitung Timur melakukan gerakan Merona alias melawan corona.

Gerakan ini diwujudkan dalam bentuk semua pelayanan kependudukan dilakukan secara online tanpa tatap muka mulai hari ini, Kamis (19/3/2020).

Pelayanan ini mulai dari pelayanan capil seperti akta kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, sampai ke pelayanan dafduk seperti pembuatan kartu keluarga, KTP elektronik, pindah datang, dan pembuatan surat keterangan.

"Nanti akan kami berikan nomor whatsapp di setiap kategori pelayanan. Di sana penduduk diharap menyebutkan nama, desa, jenis layanan yang ingin didapatkan, serta upload dokumen yang dipersyaratkan," kata Plh Kadukcapil Beltim Oktori kepada Posbelitung.co.

Nomor whatsapp bagi yang ingin mendapatkan pelayanan capil yakni 0877-9306-8555. Sedangkan pelayanan dafduk dinomor whatsapp 0819-4917-7009.

Oktori mencontohkan format pengiriman whatsappnya yakni 'Beni(spasi)Desa Padang(spasi)permohonan akta kelahiran(spasi) upload dokumen persyaratan yang disyaratkan'.

Bentuk foto harus berformat jpeg dan jika dokumen hasil scan berformat pdf. Intinya, setiap dokumen yang diupload harus jelas dan terbaca.

Oktori mengatakan penduduk hanya datang ke Disdukcapil untuk mengambil dokumen kependudukan yang sudah selesai dicetak dengan membawa fisik berkas persyaratan permohonan.

"Waktu pengambilannya akan diinformasikan melalui whatsapp," kata Oktori sembari mengatakan pelayanan ini akan berlangsung sampai waktu yang belum ditentukan. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved