Berita Belitung

Gandeng Dinkes, Lapas Tanjungpandan Berikan Penyuluhan Pencegahan Covid-19 Kepada WBM

Lapas Kelas IIB Tanjungpandan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, mengadakan penyuluhan pencegahan Covid-19 di aula utama lapas

Gandeng Dinkes, Lapas Tanjungpandan Berikan Penyuluhan Pencegahan Covid-19 Kepada WBM
Dok/Lapas Kelas IIB Tanjungpandan
Suasana penyuluhan pencegahan Covid-19 di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Jumat (20/3/2020). 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, mengadakan penyuluhan pencegahan Covid-19 di aula utama lapas, Jumat (20/3/2020).

Di hadapan seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP) Kasi Survilance dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Belitung Sri Agustini didampingi Kepala Staf Promosi Kesehatan Abrinawati dan Kepala Staf Survilance Puskesmas Badau Ahmad Rivani memberikan paparan terkait wabah Covid-19 yang kian hari makin meningkat di seluruh dunia.

"Langkah pencegahan yang bisa dilakukan seperti mencuci tangan sesering mungkin atau menggunakan antiseptik untuk membersihkan tangan, menggunakan masker jika batuk atau flu, dan menghindari kontak dengan orang yang sakit flu atau batuk. Melapor ke petugas medis setempat jika mengalami gejala flu, batuk kering dengan suhu tubuh diatas 38 derajat menjadi penting dan wajib dilakukan dalam kondisi saat ini," jelas Sri dalam siaran rilis Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Jumat (20/3/2020).

Dalam penyuluhan itu juga dilakukan praktek tata cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Selesai kegiatan, seluruh WBP dilakukan pengecakan suhu tubuh oleh petugas nedis sebelum masuk kamar blok hunian masing-masing.

Pihak Dinas Kesehatan Belitung juga mengapresiasi langkah Lapas Kelas IIB Tanjungpandan yang menutup akses masuk melalui layanan kunjungan, hal tersebut dapat meminimalisir penularan dari luar bagi WBP yang berada didalam Lapas.

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit menambahkan bahwa pihaknya telah mengambil langkah pencegahan dalam penanganan wabah virus Covid-19 di area lapas.

"Kami tutup sementara layanan kunjungan, penyemprotan desinfektan di area publik, dan pemasangan banner informasi di blok hunian. Kami juga menyiapkan wastafel di area publik untuk WBP yang asimilasi luar tembok sebelum masuk kamar wajib cuci tangan bersih terlebih dahulu," jelas Romiwin.

Selain itu lanjutnya, pihak lapas juga telah membuka layanan kunjungan online menggunakan perangkat PC di aula atas dengan waktu pelaksanaan mengikuti jam layanan kunjungan seperti biasa.

"Mari kita saling berdoa, semoga permasalahan ini cepat berlalu, mari kita jaga diri dan lingkungan dengan menerapkan pola hidup sehat. Jangan menyebarkan isu-isu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan sehingga menyebabkan kepanikan masyarkat," ajak Romiwin. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved