Pilkada Belitung Timur 2020

Virus Corona Tak Pengaruhi Tahapan Pilkada, Ini Kata Ketua KPU Belitung Timur

mempertimbangkan daerah Beltim masih kondusif, Babel terutama, sesuai rilis terakhir bahwa belum ada suspect Corona.

Virus Corona Tak Pengaruhi Tahapan Pilkada, Ini Kata Ketua KPU Belitung Timur
posbelitung.co/ist
Ketua KPU Beltim yang juga membidangi Divisi Logistik Rizal ST 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR- Ketua KPU Belitung Timur menyampaikan terkait Covid-19 pada tahapan pemilihan Bupati dan wakil Bupati 2020, KPU Belitung Timur sudah menerima intruksi dari KPU RI, untuk melakukan pencegahan merebak wabah corona.

Ada beberapa hal dalam intrusksi tersebut, diantaranya menurut Rizal, yakni tetang kepegawaian dan pelaksanaan tugas sehari-hari, misal absensi yang sudah tidak menggunakan scan wajah dan sidik jari tetapi manual.

"Juga diatur mekanisme terhadap staf bisa kerja dirumah, kecuali Komisioner, kasubag dan sekretaris tetap bekerja dikantor, ini hanya untuk menghidari keramaian dikantor," ujarnya kepada posbelitung.co, Jumat (20/3/2020).

Sedangkan terkait tahapan, Rizal mengaku tidak ada intruksi perubahan tahapan.

Menurutnya dalam waktu dekat tahapannya akan melantik anggota PPS terpilih yang diumumkan pada hari ini.

"Terkait pelantikan memang ada peosedur atau instuksi yang disampaikan KPU RI kepada kami. Kami akan tetap mempertimbanhkan melaksanakan dan merencanakan bahwa pelantikan akan dilaksanakan pada tanggal 22 maret akandatang. Dan kita melaksanakan secara serentak," ujarnya

Menurutnya mempertimbangkan daerah Beltim masih kondusif, Babel terutama, sesuai rilis terakhir bahwa belum suspect Corona.

KPU Beltim tidak mengesampingkan untuk tetap kewaspadaan dan melaksanakan perosedur, satu diantaranya berkoordinasi dengan Dinkes untuk memeriksa kesehatan calon PPS sebelum dilantik dan tamu undangan.

"Pada hari pelantikan nanti, juga nantinya akan disediakn antiseptik, untuk tempat duduk juga diberikan jarak minimal satu meter, sedangkan Gedung Audotarium Zahari MZ pada hari ini kami oantau juga sudah dilakukan penyemprot disinfektan," ujar Rizal.

Hal tersebut menurut Rizal karena jumlah yang akan dilantik nantinya 117 orang swdangkan undangan 28 orang dan panitia 20 orang.

"Kami tetap mengedepankan kehati-hatian, karena kedepan juga kegiatan kami akan melibatkan banyak orang, misalnya Bimtek, karena Bimtek tidak masuk dalam tahapan kami undur selama 14 hari," bebernya. (lui)

Penulis: Suharli
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved