Berita Belitung

Bawaslu Minta KPU Belitung Timur Tunda Pelaksanaan Pelantikan PPS, Ini Penjelasan KPU Beltim

Bawaslu Belitung Timur tidak rekomendasikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Beltim melaksanakan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS

Bawaslu Minta KPU Belitung Timur Tunda Pelaksanaan Pelantikan PPS, Ini Penjelasan KPU Beltim
Posbelitung.co/Suharli
Ketua Bawaslu Beltim Wahyu Epan Yudhistira 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Belitung Timur tidak rekomendasikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Beltim melaksanakan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di lingkup Kabupaten Belitung Timur.

Pelantikan tersebut rencananya akan digelar di Auditorium Zahari MZ pada Minggu (22/3/2020) besok.

Ketua Bawaslu Belitung Timur Wahyu Epan Yudhistira menjelaskan rekomendasi itu berdasarkan UU nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU nomor 1 tahun 2015, UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Peraturan Bawaslu RI, serta Peraturan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum nomor 2 tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilihan Umum.

"Poinnya bukan dipelantikannya ya, tapi pada aktivitas keramaiannya," kata  Epan kepada Posbelitung.co, Sabtu (21/3/2020).

Rekomendasi ini terkait dengan upaya pencegahan penyebaran covid-19 alias virus corona di Belitung Timur. Epan tak ingin karena adanya aktivitas keramaian yang terjadi malah menimbulkan akibat yang tidak diinginkan nantinya.

Ia meminta kepada KPU Beltim agar melaksanakan Surat Edaran nomor 4 tahun 2020 tentang Panduan Tindak Lanjut Pencegahan Penularan Infeksi Virus Corona Disease (Covid-19) di seluruh KPU se-Indonesia.

Di sana dijelaskan bahwa pelaksanaan pelantikan PPS bisa dilaksanakan secara tidak bersamaan sehingga tidak menimbulkan keramaian yang bisa memperbesar resiko penularan covid-19.

Terpisah, Ketua KPU Beltim Rizal menanggapi rekomendasi itu dengan surat tindak lanjut yakni akan melaksanakan rekomendasi dari Bawaslu Beltim tersebut. Rizal mengatakan akan melantik anggota PPS secara per kecamatan.

"Kami akan laksanakan pelantikan PPS sesuai SE nomor 4 tahun 2020 dari KPU RI dan sesuai dengan rekomendasi dari Bawaslu Beltim. Bagi anggota PPS Manggar tetap dilaksanakan di Auditorium Zahari MZ pukul 09.00 WIB besok," kata Rizal.

Kemudian untuk Gantung akan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Gantung pukul 09.00 WIB dan Kelapa Kampit dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kelapa Kampit juga pukul 09.00 WIB.

Lalu untuk kecamatan Damar, Simpang Pesak, Simpang Renggiang, dan Dendang dilaksanakan serentak pukul 14.00 WIB masing-masing di Ruang Pertemuan Kecamatan Damar, Aula Kantor Camat Simpang Renggiang, Gedung Serbaguna Kecamatan Simpang Pesak, dan Ruang Pertemuan Kecamatan Dendang.

"Terkait perubahan lokasi dan jadwal ini sudah kami koordinasikan dengan PPK dan Sekretariat masing-masing kecamatan," kata Rizal seraya berharap bisa melaksanakan pelantikan tersebut secara lancar. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved