Berita Belitung

Keberangkatan Jamaah Haji, Kemenag Belitung Sebut Insyaallah Sesuai Jadual

Surat dari Kemenag RI bukan terkait penundaan pelaksanaan ibadah haji, melainkan perihal permohonan untuk menunggu

Keberangkatan Jamaah Haji, Kemenag Belitung Sebut Insyaallah Sesuai Jadual
Posbelitung.co / Ferdi Aditiawan
Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Belitung Masdar Nawawi 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung Masdar Nawawi mengatakan sebanyak 167 orang calon jemaah haji di Kabupaten Belitung dipastikan masih akan berangkat sesuai jadwal pada bulan Juni tahun 2020 mendatang.

Hal tersebut katakannya menanggapi terkait penyebaran virus corona (covid-19) di sejumlah negara, termasuk Arab saudi dan Indonesia.

Untuk proses pelunasan pembayaraan bagi calon jemaah haji tetap berjalan seperti yang telah ditetapkan yakni pada tahap pertama terhitung mulai 19 maret sampai 17 april mendatang.

Sedangkan tahap kedua akan dimulai tanggal 30 April sampai 15 Mei tahun 2020 mendatang.

"Jadi saat ini pelaksanaan pelunasan tetap jalan, terkait perkembangan lainnya masih menunggu karena masih dalam rangkaian persiapan. Akan tetapi belum ada proses tentang penundaan," ungkap Masdar Nawawi saat dihubungi posbelitung.co, Minggu (22/3/2020).

"Terkait informasi tentang kontrak seperti rumah dan lainnya masih menunggu perkembangan karena wewenang pusat," lanjutnya.

Dia juga menyampaikan berdasarkan rilis yang diterima kantor Kementerian Agama Belitung dari Kementerian Agama Pusat yang menyebutkan bahwa ada surat pemberitahuan langsung dari Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi yang ditujukan kepada Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi.

Akan tetapi lanjutnya, surat tersebut bukan terkait penundaan pelaksanaan ibadah haji, melainkan perihal permohonan untuk menunggu (bersabar) dalam menyelesaikan kewajiban baru hingga jelasnya masalah Covid19.

Menteri Haji dan Umrah melalui suratnya hanya minta agar pembayaran uang muka terkait kontrak layanan ibadah haji 1441 hijriyah di Arab Saudi ditunda.

Lebih lanjut ia mengatakan terkait perkembangan pelunasan saat ini belum termonitor, karena para calon jemaah haji harus terlebih melakukan tes pemeriksaan kesehatan layak tidaknya berangkat haji (Istiha'ah).

Nantinya surat tanda kesehatan yang diberikan tersebut dibawa ke Bank guna melakukan pembayaran.

Saat ini belum bisa kami pastikan apakah 167 orang calon jemaah haji semuanya melakukan pelunasan atau tidak, karena melihat kebanyakan mereka (jemaah haji-red) sudah lanjut usia.

"Terkait keberangkatan insyaallah sesuai jadwal pada tanggal 25 Juni masuk asrama haji, dan 26 Juni tahun 2020 gelombang pertama sudah berangkat ke tanah suci," ujar Masdar Nawawi.

(posbelitung.co / Ferdi Aditiawan)

Penulis: Ferdi Aditiawan
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved