Berita Belitung

Dampak Virus Corona, Seminggu Terakhir Penerbangan di Bandara HAS Hanandjoedin Mengalami Penurunan

Seminggu terakhir terjadi penurunan frekuensi penerbangan di Bandara H.AS Hanandjoedin Tanjungpandan.

Dampak Virus Corona, Seminggu Terakhir Penerbangan di Bandara HAS Hanandjoedin Mengalami Penurunan
Posbelitung.co/Ferdi Aditiawan
Aktivitas para penumpang di Bandara HAS Hanandjoedin Tanjungpandan 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Plt Executive Kantor Cabang Bandar Udara HAS Hanandjoedin Tanjungpandan Nanang N Saputro mengatakan seminggu terakhir terjadi penurunan frekuensi penerbangan di Bandara H.AS Hanandjoedin Tanjungpandan.

Hal ini disebabkan karena ada beberapa maskapai yang ada di bandara melakukan pembatalan (cancel), serta mengurangi penerbangan karena melihat perkembangan wabah virus corona (covid-19) dibeberapa daerah di Indonesia.

Hari ini saja, lanjut Nanang, berdasarkan informasi yang diterima dari 16 penerbangan (flight), hanya tujuh yang diterbangi oleh para penumpang.

"Jadi diperkirakan kurang lebih mengalami penurunan 50 persen dari hari normal biasanya," kata Nanang N. Saputro kepada Posbelitung.co, Senin (23/3/2020).

Menurutnya, hal ini sejalan dengan himbauan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung yang menganjurkan masyarakat agar lebih banyak beraktivitas dan bekerja di dalam rumah demi menjaga kesehatan

"Kemungkinan hal ini imbas dari kebijakan pemerintah daerah yang mengeluarkan himbauan kepada masyarakat. Sehingga mereka (masyarakat) takut untuk berpergian keluar daerah," jelas Nanang.

Plt Executive Kantor Cabang Bandar Udara HAS Hanandjoedin Tanjungpandan Nanang N Saputro
Plt Executive Kantor Cabang Bandar Udara HAS Hanandjoedin Tanjungpandan Nanang N Saputro (Posbelitung/Ferdi Aditiawan)

Ia menambahkan terkait masalah ini pihaknya belum bisa memprediksi kapan akan kembali normal.

Melihat situasi nasional saat ini terkait penyebaran virus corona saat ini mewabah hampir setiap daerah di indonesia, tak terkecuali di Pulau Belitung.

Otomatis hal tersebut akan membawa dampak bagi penerbangan di Bandara H.AS. Hanandjoedin Tanjungpandan.

"Indikator cuma satu yakni pusat yang ada di Jakarta, apabila sudah bisa meredah. Tentu disetiap daerah akan ikut, karena penurunan penerbangan secara keseluruhan terjadi hampir disetiap daerah," kata Nanang.

Tak hanya itu, dikatakan Nanang sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus corona pihaknya sudah melakukan penyemprotan Disinfektan diseluruh area Bandara HAS Hanandjoedin.

Memasang alat thermal scanner dan thermal gun, menyediakan alat cuci tangan, serta mengatur jarak antrian para penumpang.

"Selain itu juga selama ini telah berkoordinasi dengan instansi terkait guna melakukan pengawasan terhadap penumpang," jkata Nanang.

(Posbelitung.co/Ferdi Aditiawan)

Penulis: Ferdi Aditiawan
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved