Virus Corona

Ketika Lafadz Azan Masjid di Makassar Berubah, Serukan Lebih Baik Salat di Rumah

Ketika Lafadz Azan Masjid di Makassar Berubah, Serukan Lebih Baik Salat di Rumah . . . . .

Tribun Pontianak
Cegah COVID-19, Lafadz Azan Masjid di Makassar Berubah, Serukan Lebih Baik Salat di Rumah 

Ketika Lafadz Azan Masjid di Makassar Berubah, Serukan Lebih Baik Salat di Rumah

POSBELITUNG.CO -- Ada berbagai cara warga mendukung gerakan global menangkal penyebaran Virus Corona atau Covid-19, dengan tetap di rumah dan tidak membaur di kerumunan publik.

Tak hanya menaati himbauan bagi pegawai, karyawan, dan pelajar untuk bekerja dan belajar dari rumah, aktivitas keagamaan juga mulai menyesuaikan.

Hampir sepekan sudah lafadz seruan solat jamaah di beberapa masjid di Kota Makassar dan sekitarnya diubah dari kebiasaan konvensional.

Di Masjid Arrahmah, Komplek Dolog Tabaria, Mannurukki, Kacamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, lafadz panggilan shalat "Hayya Ala Sholah," diganti oleh muazzin dengan seruan lebih baik salat di rumah.

Bunyi lafadz tambahan itu adalah Shallu fi buyutikum” (Shalatlah kalian di rumah-rumah kalian!)

Peneliti China ini Terkejut Setelah Bongkar Jenazah Korban Corona, Temukan Organ Dalamnya Mengerikan

Namun di waktu shalat dan masjid yang lain seruan salat 5 waktu itu juga memakai kalimat; Shallu fi rihalikum” (salatlah si rumah dan kamar kalian).

Takmir masjid setempat M Faizal Amir, mengkonfirmasikan penambahan lafadz ini, sebagai bentuk dukungan jamaah dan warga untuk mengurangi pertemuan yang diserukan pemerintah menyusul meluasnya wabah Virus Corona di Indoensia dan dunia, sebulan terakhir.

Disebutkan penambahan lafadz ini merujuk dalil dan sejarah perkembangan Islam di Madinah, di masa Rasulullah Muhammad SAW.

Di hari Jumat (19/3/2020) lalu, masjid yang meruoakan waqaf ormas Wahdah Islamiyah ini, juga meniadakan salat jamaah Jumat.

Halaman
12
Editor: asmadi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved