Berita Belitung

Dampak Virus Corona Ekspor Berhenti, Harga Ikan di Pasar Tanjungpandan Turun, Omset Pedagang Normal

ikan ekspor yang biasa dikirim PT ke luar negeri tujuan negara Malaysia dan China saat ini terhenti melihat virus corona sedang mewabah

Dampak Virus Corona Ekspor Berhenti, Harga Ikan di Pasar Tanjungpandan Turun, Omset Pedagang Normal
Posbelitung/ Ferdi Aditiawan
Aktivitas di pasar Ikan Tanjungpandan, Selasa (24/3/2020) 

POS BELITUNG.CO, BELITUNG-- Suara riuh dan tawar menawar antara pedagang dan pembeli terlihat masih terlihat normal di pasar ikan Tanjungpandan, Selasa (24/3/2020).

Akan tetapi, dibalik kegiatan tersebut tersirat keluhan para pedagang yang mengeluhkan turunnya harga ikan lokal maupun ekspor.

Pengepul sekaligus Sekretaris Forum Pasar Ikan Peduli (FPIP) pasar Tanjungpandan Dian Idil mengatakan terhitung satu minggu terakhir terpantau harga lumayan murah karena pasokan ikan lokal cukup banyak.

Sedangkan ikan ekspor yang biasa dikirim PT ke luar negeri tujuan negara Malaysia dan China saat ini terhenti melihat virus corona sedang mewabah.

Selain itu menurutnya, daya beli masyarakat akan ikan saat ini dinilai kurang melihat adanya himbaun dari Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung agar masyarakat lebih banyak beraktivitas dirumah.

Dia menyebutkan harga lkan lokal saat ini seperti ikan kembung Rp 25 per kilogram, banyer Rp. 30 ribu, per kilogram, bulat 25 ribu per kilogram yang harga normalnya bisa mencapai 40 ribu per kilogram.

Terkhusus bagi ikan ekspor seperti kakap merah Rp. 40 ribu per kilogram, tenggiri 50 ribu per kilogram yang harga normalnya berkisar 70 ribu perkilogram.

"Intinya pasokan ikan memang banyak otomatis harganya murah, ditambah wabah virus corona sekarang. Kurang lebih mengalami penurunan sebanyak 25 persen," ungkap Dian Idil kepada posbelitung.co, Selasa (24/3/2020).

"Terkait omset walaupun harga ikan murah alhamdulilah masih berjalan normal," tambahnya.

Lebih lanjut ia belum bisa memprediksi kapan harga akan kembali normal seperti biasanya melihat pasokan ikan melimpah ditambah dampak dari virus corona sekarang yang sudah terindikasi sudah masuk ke Belitung.

Halaman
12
Penulis: Ferdi Aditiawan
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved