Virus Corona di Bangka Belitung

Antisipasi Penularan Virus Corona, Gubernur Erzaldi Berencana Tutup Bandara dan Pelabuhan

Pemerintah provinsi yang didukung oleh Pemkot Pangkalpinang akan menerapkan kebijakan karantina wilayah atau lockdown terbatas

Antisipasi Penularan Virus Corona, Gubernur Erzaldi Berencana Tutup Bandara dan Pelabuhan
Posbelitung.co/Ferdi Aditiawan
Aktivitas para penumpang di Bandara HAS Hanandjoedin Tanjungpandan 

Antisipasi Penularan Virus Corona, Gubernur Erzaldi Berencana Tutup Bandara dan Pelabuhan

POSBELITUNG.CO-- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengambil langkah antisipasi untuk mengantisipasi penularan virus corona.

Bahkan pemerintah provinsi yang didukung oleh Pemkot Pangkalpinang akan menerapkan kebijakan karantina wilayah atau lockdown terbatas demi menghentikan penyebaran virus corona. 

Untuk itu, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman akan menutup sementara Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Bandara Hanandjoedin Belitung dan Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang, untuk antisipasi masuknya virus corona ke Pulau Bangka.

Dia menyatakan rencana penutupan itu akan disampaikan ke pemerintah pusat dalam rapat bersama Mendagri di Jakarta, Kamis (26/3/2020) pukul 10.00 WIB.

"Saya mendengar dan memahami masukan dari petisi yang digulirkan di Babel, kawan-kawan dokter dan masyarakat, bahwa Babel harus membatasi akses keluar masuk orang lewat bandara dan pelabuhan. Saya akan menutup bandara dan pelabuhan dan segera akan menyampaikannya ke pemerintah pusat," tegas Erzaldi.

Erzaldi menjelaskan, rencana penutupan dua pintu masuk ke Bangka Belitung itu sudah beberapa kali dibahasnya dalam sejumlah kesempatan.

Namun, menurutnya bandara dan pelabuhan merupakan kewenangan pemerintah pusat dan dia akan berusaha agar keinginan masyarakat terpenuhi.

"Kalau ada yang mendesak hanya Bandara Depati Amir saja karena khawatir virus masuk Bangka, saya malah memikirkan seluruh rakyat Bangka Belitung. Bandara di Belitung juga harus menjadi perhatian. Ini usulan kita pada pemerintah pusat dan akan dirapatkan," jelas Erzaldi.

Dia menyadari kondisi akhir-akhir ini membuat masyarakat diambang ketakutan virus corona masuk Babel, apalagi banyaknya orang dari luar turun di bandara.

Halaman
123
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved