Berburu Jamu Tradisional Berbagai Khasiat di Pasar Jatinegara

Khusus jamu godog yang dijual di Pasar Jatinegara, sudah diracik dan dikemas dalam plastik sehingga hanya perlu direbus dan minum.

Berburu Jamu Tradisional Berbagai Khasiat di Pasar Jatinegara
surabaya.tribunnews.com/rahadian bagus
Ilustrasi minum jamu. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Pasar Jatinegara menyediakan kebutuhan rumah tangga yang lengkap. Mulai bumbu dapur, pernak-pernik rumah tangga, baju, sampai rempah-rempah dapat dibeli di pasar yang berlokasi di Jakarta Timur ini.

Pasar Jatinegara juga terkenal sebagai sentra perjualan rempah, tanaman herba, termasuk jamu di Jakarta. Macam-macam jamu godog atau jamu siap rebus terdapat di pasar ini.

"Ramuan jamu bisa dari akar-akar tumbuhan, rempah yang dikeringkan," jelas Ia (38), pedagang jamu di Pasar Jatinegara Ia (38), saat ditemui Kompas.com (12/3/2020).

Khusus jamu godog yang dijual di Pasar Jatinegara, sudah diracik dan dikemas dalam plastik sehingga hanya perlu direbus dan minum.

Macam-macam jamu godog tradisional dengan berbagai khasiat yang ditawarkan. Ada jamu godog untuk penyakit asam urat, jamu pengantin untuk pengantin wanita yang hendak mandi menjelang pernikahan dalam tradisi Jawa.

Selanjutnya jamu merek Ramuan Dewa yang khusus diperuntukan bagi wanita yang baru saja melakukan proses bersalin. Jamu ini berkhasiat sebagai pelancar ASI, penambah darah, mencegah keputihan, dan memulihkan tenaga.

Ada pula Jamu Rradisional Madura asli Godogan Ramun Ny Rosy. Jamu ini memiliki kasiat untuk menyembuhkan kencing batu.

Lainnya, Jamu merek Jawa Dipa Sarimurni berkasiat untuk menghilangkan pegal-pegal, gatal-gatal, meredakan asam urat, darah tinggi dan masih banyak lagi. Bagi yang ingin meningkatkan stamina dan memperkuat imun tubuh, ada Jamu Godog Cap Bintang Timbangan.

Jamu merek Ramuan Dewa juga menjual jamu godog yang dapat menyembuhkan ambeien, memulihkan tenaga, mengatasi tumor, dan kanker. "Itu juga bisa buat penambah nafsu makan, nyeri otot, pegalinu juga," papar Ia.

Tak ketinggalan ramuan wedang uwuh yang sudah diracik dalam satu kemasan plastik. Wedang uwuh yang memiliki nama lain "sampah" ini memiliki banyak kasiat. Mulai dari mencegah dan mengobati masuk angin, menghangatkan badan, serta kaya akan antioksidan.

Cara meminum jamu godog secara umum bisa di rebus hingga mendidih lalu bisa disaring dan langsung diminum. Untuk takaran dan berapa kali harus meminum jamu tersebut dalam sehari sudah tertera lengkap di balik kemasan.

"Peraturannya kan beda-beda tapi sebaiknya diminum pas hangat-hangat. Ampasnya jangan dibuang kalau mau direbus lagi," ujar Ia.

Kamu juga bisa menemukan aneka bubuk kunyit, temulawak, kencur dan aneka empon-empon yang sudah dikeringkan dan dibuat bubuk. Harga jamu godog di Pasar Jatinegara relatif terjangkau. Harga jamu berkisar dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

Untuk membeli jamu ke Pasar Jatinegara kamu bisa mengunjungi toko atau kedai jamu yang tersebar di bagian Pasar Jatinegara Barat. Kios jamu di Jatinegara biasanya berjualan dari pagi pukul 08.00-17.00 WIB. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berburu Jamu Godog, Minuman Tradisional Berkhasiat di Pasar Jatinegara"

Editor: tedja pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved