Berita Belitung

Kacabdin Sebut Meskipun UN Dibatalkan, Hasil UN Tak Pengaruhi Kelulusan Siswa

Adi Zahriadi mengatakan, ada atau tidaknya situasi yang terjadi saat ini, UN tidak menentukan kelulusan sepenuhnya

Kacabdin Sebut Meskipun UN Dibatalkan, Hasil UN Tak Pengaruhi Kelulusan Siswa
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Bangka Belitung Adi Zahriadi. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Ujian Nasional (UN) resmi dibatalkan guna menghindari penyebaran Covid-19. Pembatalan ujian nasional juga telah disampaikan Presiden RI Joko Widodo, Selasa (24/3/2020).

Pembatalan ini kemudian disusul surat edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (Covid-19).

Terkait pembatalan UN ini, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Bangka Belitung Adi Zahriadi mengatakan, ada atau tidaknya situasi yang terjadi saat ini, UN tidak menentukan kelulusan sepenuhnya. Karena kelulusan siswa SMA/SMK menjadi kewenangan pihak sekolah.

"Bagi sekolah yang telah melaksanakan Ujian Sekolah (US) sebelum keluarnya SE Mendikbud tersebut, maka US itu dapat dipakai untuk pertimbangan menentukan kelulusan siswa," jelas Adi saat dihubungi Posbelitung.co, Rabu (25/3/2020).

"Tapi untuk sekolah yang belum melaksanakan US, maka kelulusan ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir, apabila nilai semester genap sudah ada, maka nilai ini juga dapat menjadi tambahan pertimbangan kelulusan siswa," kata Adi.

Terkait pembatalan UN ini, ia mengatakan pihaknya masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Berikut dengan teknis pelaksanaan pembatalan UN di sekolah nantinya.

Adi juga menegaskan, terkait kondisi antisipasi Covid-19, saat ini siswa SMA/SMK di Belitung tidak libur.

Namun siswa diharuskan belajar di rumah dengan mengikuti kelas daring atau online. Di kelas daring, pihak sekolah atau guru mata pelajaran tetap harus mengoordinasikan siswa. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved