Berita Belitung

KPPN Tanjungpandan Salurkan Rp 37 Miliar Dana Desa

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpandan sudah menyalurkan seluruh dana desa Tahap I tahun anggaran 2020.

KPPN Tanjungpandan Salurkan Rp 37 Miliar Dana Desa
IST/Dok KPPN Tanjungpandan
Kepala KPPN Tanjungpandan Yessy Silvia Maharini 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpandan sudah menyalurkan seluruh dana desa 
Tahap I tahun anggaran 2020. Dana desa tersebut telah disalurkan KPPN Tanjunpandan ke 42 desa di Belitung dan 39 desa di Belitung Timur, Senin (23/3/2020) lalu.

"Penyaluran seluruh Dana Desa Tahap I dengan nilai Rp. 19.213.698.800,- untuk seluruh desa Belitung dan Rp 18.048.228.000,- untuk seluruh desa di  Belitung Timur. Jadi KPPN Tanjungpandan telah menyalurkan dana desa tahap I sebesar Rp 37.261.926.800,-" tulis Kepala KPPN Tanjungpandan Yessy Silvia Maharini dalam rilis yang diterima posbelitung.co, Kamis (26/3/2020).

Wanita yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala KPPN Muko Muko di Provinsi Bengkulu ini menjelaskan bahwa penyaluran dana desa dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 205/PMK.07/2019 tentang pengelolaan dana desa.

Penyaluran dana desa dilakukan dengan mekanisme penyaluran dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum 
Daerah (RKUD) dan penyaluran dari RKUD ke Rekening Kas Desa (RKD) dilakukan pada tanggal dan waktu yang sama. 

Perubahan mekanisme penyaluran dana desa ini diharapkan agar dana desa tersebut bisa diterima lebih cepat oleh desa. Serta tidak lagi terjadi idle cash dana desa di RKUD.

Selain itu perbedaan porsi persentase penyaluran dana desa tahun anggaran 2020 dengan tahun sebelumnya yang menjadi 
40:40:20 diharapkan dapat membantu desa-desa bergerak lebih mudah dan cepat untuk mewujudkan program-program pembangunannya serta mampu meningkatkan kemajuan desa.

Tercapainya target percepatan penyaluran Dana Desa Tahap I Tahun Anggaran 2020, yang ditargetkan paling cepat dilaksanakan bulan Januari dan paling lambat bulan Juni, menjadi bukti terciptanya sinergi dan kolaborasi yang baik antara KPPN Tanjungpandan bersama Pemerintah Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

Yessy juga tetap berkomitmen untuk melanjutkan sinergi dan kolaborasi yang selama ini sudah terjalin baik antara KPPN Tanjungpandan dengan Pemerintah Kabupaten Belitung dan Belitung Timur. Sehingga prioritas penggunaan dana desa dapat terwujud yaitu untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan.

"Dengan demikian amanat penyaluran dana desa bahwa 'negeri ini menjadi terang benderang bukan karena obor di Jakarta tapi karena lilin-lilin kecil di setiap desa' dapat terwujud," tuturnya.(*)

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved