Mudik Lebaran Terancam Ditiadakan Jika Wabah Corona Masih Berlangsung

Upaya social distancing dan self isolation yang saat ini diberlakukan demi mencegah penyebaran virus corona makin parah sudah kerap dikeluhkan.

Mudik Lebaran Terancam Ditiadakan Jika Wabah Corona Masih Berlangsung
infokomputer.grid.id
5 Aplikasi untuk Pantau Kemacetan Selama Mudik Lebaran 

POSBELITUNG.CO - Upaya social distancing dan self isolation yang saat ini diberlakukan demi mencegah penyebaran virus corona makin parah sudah kerap dikeluhkan.

Tidak semua orang bisa tahan untuk menjaga jarak dengan orang lain dan berdiam diri di rumah, karena rasa bosan selalu datang menyerang.

Meski begitu, tampaknya situasi yang menantang mental ini tidak hanya berhenti di situ.

Social distancing dan self isolation bukan satu-satunya hal yang menjadi 'cobaan' bagi masyaraka Indonesia. Ada lagi hal lainnya.

Itu adalah kemungkinan ditiadakannya mudik lebaran tahun ini jika wabah corona masih tak terbendung.

Begini skenarionya...

Juru Bicara Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan, sejumlah kementerian dan lembaga terkait tengah menyiapkan tiga skenario kebijakan untuk menghadapi mudik Lebaran tahun ini.

Salah satu opsi yang digodok adalah kebijakan tidak adanya mudik Lebaran tahun 2020. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

"Kami sudah bersepakat, hal yang paling utama adalah menjaga keselamatan masyarakat. Atas berbagai pertimbangan ini, kami melihat opsi kebijakan pelarangan mudik," kata Jodi dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (24/3).

Adapun, tiga skenario yang tengah dibahas oleh sejumlah kementerian terkait adalah, pertama, bussines as usual, di mana mudik Lebaran seperti dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Halaman
123
Penulis: tidakada008
Editor: fitriadi
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved