Virus Corona di Bangka Belitung

IKPB Pusat Keluarkan Pedoman Kewaspadaan Covid-19 Bagi Mahasiswa yang Ingin Pulang ke Belitung

Dalam surat edaran itu diberikan protokol kewaspadaan pencegahan covid-19 yang ingin kembali ke kampung halaman.

IKPB Pusat Keluarkan Pedoman Kewaspadaan Covid-19 Bagi Mahasiswa yang Ingin Pulang ke Belitung
Posbelitung.co/dok.agustori
Ketua IKPB Pusat Agustori. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNGTIMUR - Ikatan Keluarga Pelajar Belitong (IKPB) Pusat mengeluarkan surat edaran bagi pelajar dan mahasiswa yang mengenyam pendidikan di luar daerah.

Dalam surat edaran itu diberikan protokol kewaspadaan pencegahan covid-19 yang ingin kembali ke kampung halaman.

Ketua IKPB Pusat Agustari mengatakan kepulangan pelajar dan mahasiswa ke kampung halamannya pasti akan menimbulkan pro dan kontra, baik dari mahasiswa maupun masyarakat.

Kalau dilarang, lanjutnya, orang tua di Belitong bakal khawatir dengan anak mereka.

Bagi mahasiswa yang berada di daerah terpapar juga tak bisa melakukan apa-apa karena hampir semua toko tutup dan persediaan makanan menipis.

"Kemudian kalau mereka pulang ditakutkan akan menjadi kurir virus ini ke Belitong. Jadi kami bikin jalan tengah lewat surat edaran ini lengkap dengan protokol kewaspadaan pencegahannya. Karena kepulangan mereka tidak bisa dicegah kecuali dari provinsi yang menutup bandara dan pelabuhan bisa dipastikan mereka tidak akan pulang," tegas Agustori saat dihubungi posbelitung.co, Jumat (27/3/2020).

Protokol tersebut berisi beberapa poin yang harus dipedomani oleh pelajar dan mahasiswa.

Beberapa di antaranya yakni tidak bepergian ke daerah yang sudah terpapar oleh virus dari Wuhan ini, jika merasakan gejala awal covid-19 segera periksakan diri ke faskes terdekat, dan physical distancing minimal 1,8 meter.

"Bagi mahasiswa atau pelajar yang ingin pulang ke Belitong sebaiknya harus periksakan diri dulu ke faskes di daerah rantauan, kemudian setelah sampai di Belitong berinisiatif memeriksakan ke RSUD Marsidi Judono atau posko-posko deteksi dini yang sudah disebar," kata Agustori.

Kemudian jika pun tak ada gejala awal covid-19 saat diperiksa tetap mengisolasi diri selama 14 hari karena tidak semua suspek memperlihatkan gejalanya.

"Saya harap imbauan ini bisa menjadi perhatian semua pelajar dan mahasiswa. Jalankan dan pedomani karena ini demi kebaikan bersama," pesan Agustori. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved