Berita Belitung

Asosiasi Sopir Pelabuhan Minta JPT Tak Pilih-Pilih Sopir Untuk Bongkar Muat

Assapel meminta pihak Jasa Pengaturan Transportasi (JPT) tidak pilih-pilih sopir saat mengerjakan kegiatan bongkar muat.

posbelitung.co/Dede Suhendar
Ketua Assapel Suhar Iswandi (tengah) bersama sekretaris Andi Agus Salam dan Ketua Komunitas Truk Warga Indra. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG  -- Ketua Asosiasi Sopir Pelabuhan (Assapel) Suhar Iswandi meminta pihak Jasa Pengaturan Transportasi (JPT) tidak pilih-pilih sopir saat mengerjakan kegiatan bongkar muat.

Seperti yang terjadi pada aktivitas bongkar muat antrasit di Pelabuhan Tanjung Batu saat ini, salah satu JPT hanya menunjuk 50 sopir.

Dirinya khawatir jika sistem tersebut terus diberlakukan maka akan terjadi pengkotakan antara anggota Assapel yang berjumlah hampir 400 orang.

"Kalau kami maunya berjalan seperti dulu, istilahnya tidak terjadi kotak-kotak, pilih-pilih mobil. Artinya semua sopir itu satu, tidak ada aku agen si A atau si B. Jadi siapa yang kena antri silahkan bawa," ujar Suhar didampingi Sekretaris Assapel Andi Agus Salam kepada posbelitung.co, Minggu (29/3/2020).

Dirinya tak menampik saat ini kondisi bongkar muat kapal sedang sepi.

Oleh sebab itu, jika pembagian angkutan tidak merata akan muncul rasa iri dan dampak terburuk mengancam keharmonisan antar sesama supir.

Menurutnya selama ini sistem yang dijalankan, ketika terjadi bongkar muat seluruh supir berhak mengantri tanpa adanya pembatasan.

Jika jumlah muatan sudah habis, maka supir yang tidak kebagian akan dilanjutkan pada aktivitas bongkar muat lainnya.

"Artinya kalau yang di belakang tidak kebagian akan merasa fair karena semuanya antri. Besok lanjut sesuai dengan sisa antrian sebelumnya. Kalau sekarang ini langsung dibatasi," ungkapnya.

Ia mengakui secara aturan kepelabuhanan, Assapel memang tidak diakui karena bersifat organisasi lokal.

Halaman
12
Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved