Breaking News:

BPS Kemungkinan Bakal Memperpanjang Tenggat Waktu Sensus Penduduk secara Online

Adapun hingga Senin (30/3), sudah 32,4 juta orang yang mengisi sensus penduduk online.

kompas.com
Tahapan Sensus Penduduk 2020. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Sensus Penduduk 2020 atau SP2020 sudah dimulai secara online sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Artinya, hari ini Selasa (31/3/2020), seharusnya menjadi hari terakhir pengisian data SP2020 secara daring.

Namun demikian, Badan Pusat Statistis ( BPS) bakal memperpanjang tenggat waktu pengisian SP2020 secara online.

"Kemungkinan besar akan ada perpanjangan waktu, besok akan disampaikan secara resmi oleh Kepala BPS setelah rilis inflasi," ujar Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Margo Yuwono di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Namun, Margo masih belum bisa mengungkapkan tenggat waktu perpanjangan waktu pengisian SP2020 tersebut. Sebab, hal itu masih dalam proses diskusi oleh internal BPS. "Perpanjangan waktu masih mau dirapatin hari ini," ujar dia.

Adapun hingga Senin (30/3), sudah 32,4 juta orang yang mengisi sensus penduduk online. Dengan imbauan phisycal distancing yang diberlakukan oleh pemerintah, jumlah masyarakat yang mengisi sensus secara online diproyeksi bakal terus meningkat.

Untuk bisa turut serta dalam proses sensus, masyarakat Indonesia bisa mengisi data kependudukan melalui situs sensus.bps.go.id dalam periode tersebut. Sensus ini wajib diikuti oleh setiap warga negara Indonesia.

SP2020 akan dilaksanakan dalam dua tahapan, yaitu Sensus Penduduk Online yang memungkinkan penduduk untuk mengisikan informasinya secara mandiri. Lalu Sensus Penduduk Wawancara pada 1-31 Juli 2020.

Petugas Sensus akan melakukan wawancara kepada penduduk yang belum dapat berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online.

Untuk pelaksaan Sensus Penduduk 2020 secara offline, BPS akan segera membuka lowongan bagi sekitar 390.000 petugas guna menyukseskan program sensus yang digelar setiap sekali dalam sepuluh tahun tersebut. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BPS: Tenggat Waktu Sensus Penduduk secara Online Kemungkinan Diperpanjang"

Editor: Tedja Pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved