Breaking News:

Pilkada Belitung Timur 2020

Pilkada Serentak 2020 Ditunda, Ini Kata KPU Belitung Timur

Pihaknya sudah memastikan jika PPK maupun PPS akan dinonaktifkan sementara yang merupakan tindak lanjut dari penundaan tahapan Pilkada Serentak.

Posbelitung.co/BryanBimantoro
Ketua KPU Beltim Rizal 

POSBELITUNG.CO, BELITUNGTIMUR - Beredar surat hasil dengar pendapat Komisi II DPR RI yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri, Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, Plt Ketua DKPP, dan Ketua Komisi II DPR RI.

Surat tersebut menyebutkan akan menunda pelaksanaan Pilkada Serentak yang semestinya dilaksanakan pada September mendatang.

Dalam surat tersebut juga disebutkan empat poin yakni DPR RI menyetujui menunda tahapan Pilkada Serentak yang belum selesai dan belum dapat dilaksanakan; pelaksanaan Pilkada lanjutan akan diputuskan kemudian antara KPU, Pemerintah dan DPR; meminta pemerintah menyiapkan payung hukum baru berupa PERPPU; serta meminta kepala daerah yang melaksanakan Pilkada serentak merealokasi dana Pilkada untuk penanganan covid-19 di daerah tersebut.

Menanggapi hal ini, Ketua KPU Beltim Rizal belum bisa berbicara banyak karena segala upaya yang dilakukan harus berdasarkan arahan dari provinsi maupun pusat.

"Kita sudah dengar informasi tersebut. Mengenai penundaan pelaksanaan Pilkada Serentak kami akan menunggu petunjuk dari provinsi bagaimana mengenai mekanisme dan prosedurnya," kata Rizal kepada posbelitung.co, Selasa (31/3/2020).

Namun, pihaknya sudah memastikan jika PPK maupun PPS akan dinonaktifkan sementara yang merupakan tindak lanjut dari penundaan tahapan Pilkada Serentak.

Saat ini pihaknya tengah merancang surat keputusannya.

"Penonaktifan ini sambil menunggu situasi dan petunjuk dari KPU RI terkait pelaksanaan tahapan," tegas Rizal sembari mengatakan sementara ini pihaknya masih mengacu pada SK KPU 179 yaitu penundaan tahapan pembentukan PPDP dan pemutakhiran data pemilih. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved