Breaking News:

Virus Corona di Belitung

Antisipasi Karantina Wilayah, Gubernur Erzaldi Siapkan Kebutuhan Warga Selama 14 Hari

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyebutkan mata rantai penyebaran virus corona harus segera dihentikan.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Ardhina Trisila Sakti
Dokumen Bangka Pos
Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman didampingi Kapolda Babel Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat, mengimbau pemilik wisma di lokalisasi Parit Enam agar menutup lakalisasi, Minggu (23/3/2020) 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyebutkan mata rantai penyebaran virus corona harus segera dihentikan.

Di antaranya membatasi pergerakan warga sehingga diimbau agar lebih banyak beraktivitas di rumah saja.

"Saya sudah mempersiapkan bersama pemda kabupaten dan kota untuk membantu kebutuhan warga yang terdampak virus corona selama 14 hari. Kita data jumlah warganya, apa saja kebutuhannya," kata Erzaldi, Rabu (1/4/2020).

Dia menyadari kebijakan pembatasan gerak membuat warga lebih banyak di rumah dan berpengaruh terhadap penghasilan serta kualitas hidup.

"Satu sisi masyarakat harus keluar untuk cari makan, tak mungkin kita melarang mereka keluar tetapi kebutuhan tidak terpenuhi. Ini memang berat," jelasnya.

Erzaldi memastikan rencana ini akan dijalankan secepatnya untuk mengantisipasi karantina wilayah.

Menurutnya, situasi di Babel akan dilaporkan ke pemerintah pusat untuk memastikan kesiapan Babel.

"Kita akan menggunakan APBD dengan satu fokus tujuan dan realokasi anggaran. Nah kalau nanti kurang, kita minta bantu perusahaan swasta dan BUMN. Saya yakin bisa," ungkapnya.

Bagi Erzaldi, inilah momentum untuk bersama-sama menangani pandemi virus corona.

Mengenai pintu masuk warga melalui bandara dan pelabuhan, tetap diawasi secara ketat.

"Penumpang yang masuk lewat bandara dan pelabuhan harus melalui ruang pengawasan. Jika dipastikan sehat, boleh keluar. Kalau ada sakit atau penyakit, dirawat di ruang ODP sesuai protokol Covid-19," terang Erzaldi.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mendukung dan siap membantu rencana Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

"Dari awal untuk penanganan pandemi Covid-19, kita sudah membangun sinergitas dengan Gugus Tugas dalam hal ini BPBD dan InsyaAllah terus berlanjut. Kami yakin persoalan yang dihadapi rumah kita Bangka Belitung mengenai pandemi ini dapat kita lalui bersama- sama dengan saling mendukung dan bersinergi," ujar Anggi saat dikonfirmasi bangkapos.com.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved