Berita Belitung

Mulai Besok, Salat Jumat Diganti Salat Zuhur, Dilakukan di Rumah

Pemerintah Belitung Timur bersama MUI dan ormas Islam se-Beltim memutuskan masyarakat diimbau agar tidak melaksanakan salat Jumat

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Suasana saat penandatanganan keputusan bersama mengenai pelaksanaan salat Jumat di tengah pendemi covid-19, Kamis (2/4/2020) di Ruang Rapat Bupati Belitung Timur 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Pemerintah Belitung Timur bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas Islam se-Beltim memutuskan masyarakat diimbau agar tidak melaksanakan salat Jumat dan diganti dengan salat Zuhur di rumah masing-masing.

Keputusan ini disepakati bersama di ruang rapat Bupati Belitung Timur, Kamis (2/4/2020).

Keputusan ini diambil karena melihat situasi saat ini yang mulai mengkhawatirkan juga sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona di Belitung Timur.

"Kami menyepakati hal ini demi kebaikan bersama agar virus ini tidak menyerang warga di Beltim," kata Ketua MUI Belitung Timur Suyatno Taslim kepada Posbelitung.co, Kamis seusai acara.

Selain itu, kesepakatan lainnya yakni mengimbau umat Muslim agar tidak melaksanakan salat lima waktu secara berjamaah melainkan di rumah masing-masing.

"Namun tetap diwajibkan ada adzan sebagai penanda masuknya waktu salat. Keputusan ini berlaku mulai besok," kata Suyatno.

Suyatno juga memahami bahwa nanti akan polemik terhadap masyarakat terkait hal ini. Namun ia mengatakan masyarakat harus mengerti bahwa ini demi kemaslahatan umat agar virus ini tidak menyebar luas.

"Diambilnya keputusan ini juga berdasarkan pertimbangan yang matang. Semoga bisa diikuti oleh semua jamaah," harap Suyatno.

Wakil Bupati Belitung Timur Burhanudin yang hadir pada rapat tersebut mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi keputusan ini. Tidak ada maksud lain selain agar wabah ini tidak semakin meluas di masyarakat.

"Kita dukung bersama dan semuanya harus berkontribusi agar virus ini bisa setop sampai di sini. Apalagi ini sudah dekat Ramadhan, mari kita sambut Ramadhan dengan suka cita jangan dihalangi oleh virus berbahaya ini," kata Burhanudin.

Kesepakatan ini disetujui dan ditandatangani unsur Belitung Timur oleh Bupati, DPRD, MUI, Kemenag, DMI, FKUB, Baznas, LPTQ, PCNU, PD Muhammadiyah, LDII, dan PD IPHI. (Posbelitung.co/bryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved