Virus Corona di Bangka Belitung

RSUD Belitung Timur Jadi RS Rujukan Covid-19, Pemkab Beltim Sudah Menyiapkan Anggaran Rp 16,1 Miliar

Penunjukan RSUD Beltim menjadi satu RS rujukan penanggulangan covid-19 dari provinsi, membuat RS tersebut harus disiapkan dari segala hal.

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Wakil Bupati Beltim Burhanudin dan Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja saat mengecek ruang isolasi bagi pasien covid-19 di RSUD Beltim beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO,BELITING--Penunjukan RSUD Beltim menjadi satu RS rujukan penanggulangan covid-19 dari provinsi, membuat RS tersebut harus disiapkan dari segala hal.

Menanggapi hal ini, Wakil Bupati Belitung Timur, Burhanudin mengatakan akan terus berkoordinasi dengan Pemprov Bangka Belitung dan dinas kesehatan provinsi mengenai beberapa hal seperti fasilitas pendukung.

"Pertama mempersiapkan fasilitas pendukung sebagaimana protokoler penanganan covid-19 sesuai standar nasional maupun internasional. Kami akan memberlakukan sama seperti di Belitung," kata Burhanudin kepada Posbelitung.co, Kamis (2/4/2020).

Menurutnya, Pemkab Beltim sudah menyiapkan anggaran Rp 16,1 miliar yang akan digunakan untuk membeli peralatan yang dibutuhkan agar memenuhi standar sebagai RS rujukan.

"Namun, suratnya ini belum sampai ke saya, jadi nanti akan saya coba koordinasikan lagi. Secepatnya juga akan kami cek ke RSUD sudah sampai mana dan apa saja persiapan yang sudah dilakukan RSUD," kata Burhanudin.

Sementara itu, Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja mengatakan kalau memang RSUD Beltim jadi RS rujukan ini bagus bagi masyarakat Beltim sehingga tidak usah jauh-jauh ke Tanjungpandan untuk deteksi dini karena dengan status itu, tes swab bisa dilaksanakan di RSUD Beltim.

Namun ia menekankan bahwa perlunya gerakan yang lebih cepat supaya penanganan covid-19 di Beltim bisa dilakukan secara dini sehingga tidak sempat menyebar secara luas di masyarakat.

"Harapan kami standar-standar peralatan dan protokoler bisa segera terpenuhi. Paling tidak bisa melakukan swab. Ruang isolasi kita sudah ada walaupun minimalis," kata Fezzi.

Wakil Bupati Beltim Burhanudin dan Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja saat mengecek ruang isolasi bagi pasien covid-19 di RSUD Beltim beberapa waktu lalu.
Wakil Bupati Beltim Burhanudin dan Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja saat mengecek ruang isolasi bagi pasien covid-19 di RSUD Beltim beberapa waktu lalu. (Ist/DPRD Beltim)

Tanggapan Direktur RSUD Beltim

RSUD Belitung Timur telah ditunjuk sebagai satu rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Pulau Belitung.

Halaman
12
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved