Breaking News:

Mensesneg Revisi Pernyataan Jubir Presiden Jokowi soal Pro Kontra Mudik di Tengah Pandemi Corona

Mudik di tengah pandemi virus corona sepertinya masih menjadi pro dan kontra. Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyampaikan tidak akan mengeluarkan

Kolas IG @fadjroelrachman dan KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Jubir Pemerintah Fadjroel (Kiri) dan Mensesneg Pratikno (kanan) 

POSBELITUNG.CO -- Pulang kampung atau mudik lebaran di tengah pandemi virus corona ( covid -19 ) sepertinya masih menjadi pro dan kontra.

Adapun sebelumnya Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) telah menyampaikan tidak akan mengeluarkan larangan resmi bagi para pemudik untuk pulang ke kampung halaman.

Hal ini sempat disikapi Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachmad dengan mengatakan bahwa mudik diperbolehkan namun disertai dengan syarat dan ketentuan.

Yakni penetapan status orang dalam pemantauan ( ODP ), serta karantina mandiri yang diawasi oleh masing-masing pemerintah daerah, kutip Grid.ID dari Tribun Wow pada kamis (2/4/2020).

Fadjroel menjelaskan bahwa pemudik yang telah sampai di daerahnya masing-masing, wajib menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di bawah pemantauan pemerintah daerah (Pemda).

Presiden Jokowi Usul Ganti Libur Nasional Lebaran hingga Gratiskan Biaya Masuk Tempat Wisata

Fadjroel juga menyampaikan hal itu dilengkapi dengan tiga dasar hukum yang menjadi landasan kebijakan pemerintah.

Di mana tiga dasar hukum tersebut adalah Peraturan Pemerintah No 21 Tahun 2020 tentang pembatasan sosial berskala besar, Keputusan Presiden No 11 Tahun 2020 tentang Kedaruratan Kesehatan Masyarakat, dan Undang-Undang No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Namun, melansir informasi dari Kompas Menteri Sekretaris Negara Pratikno justru merevisi pernyataan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman.

Pratikno menyebut bahwa pernyataan Fadjroel terkait Presiden Joko Widodo membolehkan masyarakat mudik lebaran kurang tepat.

"Yang benar adalah, pemerintah mengajak dan berupaya keras agar masyarakat tidak perlu mudik," kata Pratikno.

Halaman
12
Penulis: tidakada008
Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved