Pelek Buatan Indonesia Lengkapi Ninja 250 4-Silinder Versi Balap

Jika diperhatikan, motor yang disebut sebagai Racer Custom Model punya detail yang cukup menarik.

kawasaki
Kawasaki Ninja ZX-25R Racer Custom Model. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Kawasaki Ninja 250 4-silinder alias ZX-25R versi balap dilengkapi dengan beragam komponen aftermarket dari berbagai merek. Jika diperhatikan, motor yang disebut sebagai Racer Custom Model punya detail yang cukup menarik.

Bagian fairing dan hampir seluruh bagiannya dihiasi dengan serat karbon yang terkenal sebagai bahan yang ringan tapi lebih kuat. Sulit dibayangkan berapa bobot yang bisa dipangkas jika semuanya menggunakan serat karbon.

Visor lebih tinggi dari standarnya, agar lebih aerodinamis saat melaju di sirkuit. Di bagian pengereman depan, terdapat air scoop yang juga terbuat dari serat karbon. Air scoop ini berfungsi untuk mendinginkan kaliper agar tidak berlebihan temperaturnya.

Selain itu, komponen lain yang merupakan kelengkapan berkendara juga ditanggalkan, seperti sistem penerangan, kaca spion, dan dudukan pelat nomor.

Footstep model balap juga posisinya lebih mundur dari standarnya. Selain itu, posisinya juga bisa diatur sesuai kenyaman pengemudi. Sebab, terdapat banyak lubang baut untuk menyesuaikan posisinya.

Suspensi belakang yang diambil dari ZX-10R, bisa diatur rebound dan compression. Sedangkan suspensi depan, masih standarnya ZX-25R.

Di dalam foto-foto detail ini juga terlihat bahwa ZX-25R sudah dilengkapi dengan quickshifter. Selain itu, di bagian pelek dan belakang juga terlihat ada tulisan yang dicetak timbul "MADE IN INDONESIA".

Masih jadi pertanyaan, apakah motor sport 250 cc ini akan diproduksi di Indonesia atau dirakit dengan sebagian komponennya didatangkan dari Jepang.

Kawasaki Motors Japan menyebutkan bahwa motor ini dibangun sebagai latihan desain untuk mengilustrasikan potensi ZX-25R sebagai motor balap. Sekali lagi, ditegaskan juga Racer Custom Model ini tidak akan menjadi salah satu varian untuk dijual. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Detail Ninja 250 4-Silinder Versi Balap, Pakai Pelek Buatan Indonesia"

Editor: tedja pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved