Breaking News:

Virus Corona di Belitung

PMI Belitung Latih Desa Membuat Disinfektan

Peningkatan kegiatan pencegahan penularan covid-19 terus dilakukan PMI Kabupaten Belitung mengingat telah ada satu kasus positif yang terkonfirmasi.

IST/Dok PMI Kabupaten Belitung
Relawan PMI Kabupaten Belitung saat membagi pengetahuan membuat disinfektan kepada perangkat Desa Buluh Tumbang, Jumat (3/4/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -Peningkatan kegiatan pencegahan penularan covid-19 terus dilakukan PMI Belitung mengingat telah ada satu kasus positif yang terkonfirmasi.

Sehingga perlu dilakukan peningkatan pencegahan agar Covid-19 tidak mengalami penyebaran yang lebih luas.

Mengingat keterbatasan SDM di PMI, maka Pengurus Bidang Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Belitung Sofian dalam rilis yang diterima Posbelitung.co, Jumat (3/4/2020) mengajak pemerintah desa agar dapat melaksanakan disinfeksi mandiri di wilayah masing-masing.

Sebagaimana yang telah dilakukan Kepala Desa Buluh Tumbang yang membentuk Tim penyemprotan serta mengundang PMI Kabupaten Belitung untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana cara pembuatan disinfektan skala besar.

Termasuk teknik penyemprotan yang baik dan benar.

"Adapun disinfektan yang digunakan adalah klorin yang dosinya 0,5 ml/liter," kata Sofian.

Adapun bahan-bahan yang diperlukan sangat sederhana, seperti drum plastik, timbangan digital, klorin (kaporit), APD (alat pelindung diri), dan indikator tester clorine.

Hanya butuh tiga ons klorin untuk produksi 3-4 ton disinfektan yg rencananya akan bisa digunakan dengan cakupan 600 rumah warga dan 800 kepala keluarga atau sekitar 3200 warga sebagai penerima manfaat.

"Hal ini sebagai metode partisipatif dari perangkat dan masyarakat desa setempat.
PMI Kabupaten Belitung berupaya semampunya untuk membagi pengetahuan kepada masyarakat sebagai langka percepatan penaganan Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," jelasnya.(*/Posbelitung.co/ Adelina N)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Dedi Qurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved