Breaking News:

Virus Vorona

Alami, Cara Bikin Cairan Disinfektan Berbahan Campuran Daun Sirih, Serai dan Daun Pandan

Cairan disinfektan tersebut berguna untuk mencegah penyebaran corona virus disease 2019 atau Covid-19 yang tengah mewabah

Tribun Travel
Khasiat daun sirih bagi kesehatan juga digunakan sebagan bahan baku pembuatan disinfektan 

POSBELITUNG.CO--Istri Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) Lia Mustika Syarif memberikan tips membuat cairan disinfektan menggunakan bahan-bahan alami, Minggu (5/4/2020).

Cairan disinfektan tersebut berguna untuk mencegah penyebaran corona virus disease 2019 atau Covid-19 yang tengah mewabah di Indonesia saat ini.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muratara ini menyebutkan, membuat cairan disinfektan dan antiseptik berbahan alami tidaklah terlalu sulit.

Bahan-bahannya juga cukup mudah didapatkan di sekitar lingkungan rumah atau di kebun tanaman obat keluarga (toga) milik TP PKK desa setempat.

"Hari ini saya bersama ibu-ibu tim penggerak PKK membuat cairan disinfektan dan antiseptik berbahan alami, ibu-ibu di rumah bisa mencontoh," kata Lia Syarif.

Dia menjelaskan, bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat cairan disinfektan dan antiseptik ialah daun sirih, serai wangi, daun pandan, dan air bersih.

Semua bahan yang sudah disiapkan tersebut dicuci hingga bersih, lalu dicampur dan dimasukkan ke dalam panci serta ditambahkan air secukupnya untuk direbus.

Air rebusan ketiga bahan alami tersebut siap digunakan untuk menyemprot barang-barang di rumah atau di sekitar rumah guna mencegah penyebaran virus corona.

"Saya menyarankan agar kita menggunakan bahan-bahan alami karena lebih aman dipakai dan mudah untuk dibuat. Disinfektan ini aman, baik disemprotkan di benda mati maupun di tubuh kita," katanya.

Sebagai Ketua Tim Penggerak PKK, pihaknya mengimbau masyarakat Kabupaten Muratara agar tetap waspada dengan kondisi saat ini, namun jangan terlalu panik.

"Mari kita mandiri dan berinovasi membuat cairan disinfektan dan antiseptik sendiri di rumah masing-masing dengan bahan-bahan alami," ajaknya.

Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Cara Bikin Cairan Disinfektan Berbahan Campuran Daun Sirih, Serai dan Daun Pandan

Editor: Khamelia
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved