Berita Belitung

Nelayan Pencari Kepiting yang Hilang Ditemukan Sudah Tak Bernyawa di Perairan Mentigi

Penemuan jenazah kurang 500 meter dari lokasi tempat biasa korban mencari kepiting setiap harinya.

IST/Basarnas
Jenazah nelayan kepiting saat tiba di rumah duka 

POS BELITUNG.CO. BELITUNG-- Tim gabungan dari Basarnas, BPBD, Polair, Polsek Membalong, serta dibantu elemen masyarakat desa sekitar berhasil menemukan Dono (37) nelayan yang diduga hilang, Minggu (5/4/2020) sekira pukul 18.05 wib.

Dono (37) warga Desa Mentigi, Kecamatan Membalong yang kesehariannya sebagai nelayan pencari kepiting ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, serta masih mengenakan baju yang terpakai di badan.

Komandan Pos (Danpos) Basarnas Belitung Rahmatullah Hasyim mengatakan penemuan korban setelah tim menerima informasi dari masyarakat sekitar pada pukul 18.02 wib.

BACA JUGA:  Nelayan Pencari Kepiting Diduga Hilang di Perairan Laut Desa Mentigi Belitung, Ini Ciri-cirinya

Setelah itu, anggota langsung menuju ke lokasi dengan cara berenang sejauh kurang lebih 150 meter guna mengevakuasi korban. Sekitar pukul 18.05 wib korban berhasil dievakuasi.

Jenazah nelayan kepiting saat tiba di rumah duka
Jenazah nelayan kepiting saat tiba di rumah duka (IST/Basarnas)

"Sekira pukul 18.20 wib jenazah korban langsung dibawa ke rumah duka di Jalan Belantu, Gunung Riting, Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung untuk disemayamkan," kata Rahmatullah Hasyim saat dihubungi posbelitung.co, Minggu (5/4/2020) malam.

Dia mengungkapkan penemuan jenazah kurang 500 meter dari lokasi tempat biasa korban mencari kepiting setiap harinya.

Diakui Rahmatullah Hasyim, pihaknya sedikit mengalami kendala pada saat proses pencarian korban sebelum ditemukan.

Dikarenakan posisi Perairan Laut dan Pantai Desa Mentigi surut (dangkal).

"Saat proses pencarian menggunakan kapal nelayan, untuk perahu karet tidak diturunkan lantaran air dangkal," ujar Rahmatullah Hasyim.

Dia menyebutkan pada saat proses pencarian personil yang diturunkan yakni lima orang dari Basarnas, lima BPBD, Satpolair tiga orang, Ditpolair dua orang, dibantu dengan beberapa anggota Polsek Membalong, dan Koramil, serta masyarakat Desa.

Lanjutnya, terkait penyebab korban meninggal dunia pihaknya saat ini belum bisa memastikan. Tapi menurut informasi dari keluarga, korban mencari kepiting disekitar laut dan pantai Desa Mentigi.

Lalu sekitar pukul 22.00 wib melihat air pasang keluarga berinisiatif menjemput, akan tetapi korban sudah tidak diketahui keberadaannya.

"Barang bukti yang berhasil ditemukan saat evakuasi korban yakni satu buah senter, jala (jaring) yang digunakan untuk menangkap kepiting, serta satu buah jeriken," beber Rahmatullah Hasyim.

Lebih lanjut ia mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dalam melaut, pastikan terlebih dahulu cuaca dan keadaan sebelum berangkat.

(posbelitung.co / Ferdi Aditiawan)

Penulis: Ferdi Aditiawan
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved