Breaking News:

Berita Belitung

Pulau Seliu Dijaga Ketat, Yang Hendak Masuk Harus Bawa Surat Keterangan Sehat

Untuk kepentingan berwisata, sementara ini tidak diperbolehkan alias ditutup hingga persoalan covid-19 selesai.

Ist/dok pribadi
Posko pencegahan covid-19 yang ada di Pulau Seliu, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemerintah Desa Pulau Seliu, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, selasa (7/4/2020) kini sudah membuat peraturan baru bagi siapa saja yang ingin datang ke Pulau Seliu.

Pulau yang terpisah dari daratan Kecamatan Membalong tersebut, merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi wisata.

Peraturan itu, berupa tidak mengizinkan sembarangan orang untuk masuk ke pulau yang berada di Selatan Kabupaten Belitung tersebut.

Apabila warga yang memiliki kepentingan ingin ke pulau tersebut, harus membuat surat kesehatan.

"Kalau tidak ada surat kesehatan, kami tidak izinkan. Itu bisa dibuat di posko covid-19 di Simpang Membalong, walaupun hanya sebatas ingin bertemu keluarga. Tapi kalau warga Pulau Seliu, tidak berlaku, yang jelas dia harus dalam keadaan sehat," ungkap Kepala Desa Pulau Seliu Ediar kepada posbelitung.co, selasa (7/4/2020).

Untuk kepentingan berwisata, kata Ediar, sementara ini tidak diperbolehkan alias di tutup hingga persoalan covid-19 selesai.

Namun untuk arus transportasi laut, tetap berjalan dengan normal.

"Karena masih banyak warga pulau seliu yang mobile, jadi transportasi masih normal. Tapi untuk yang tadi (masyarakat yang ada kepentingan), tetap dilakukan pengawalan oleh rekan-rekan relawan," ucapnya.

Sekarang ini, sudah terdapat posko covid-19 di Pelabuhan Pulau Seliu.

Posko pencegahan covid-19 itu, dilengkapi dengan tempat pencuci tangan, bilik strerilisasi yang di isi cairan dettol, thermo gun untuk mengecek suhu tubuh serta penyemprot barang - barang.

"Itu kami menggunakan dana talangan dulu. Tapi kalau wisatawan ingin kesana, sementara tetap tidak bisa. Jadi yang ada kepentingan harus membawa surat kesehatan, dan di posko pulau seliau, kembali di cek," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved