Breaking News:

Berita Belitung Timur

Pemkab Belitung Timur Anggarkan Rp 30,4 Miliar untuk Penanganan Virus Corona

Pemerintah kabupaten Belitung Timur telah melaksanakan percepatan pengutamaan alokasi anggaran tertentu (refocusing) anggaran terkait penanganan covid

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Ruang isolasi bagi pasien diduga corona di RSUD Belitung Timur sebelum nantinya dirujuk ke RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Wakil ketua TAPD Kabupaten Belitung Timur, Khidir Lutfi mengatakan bahwa Pemerintah kabupaten Belitung Timur telah melaksanakan percepatan pengutamaan alokasi anggaran tertentu (refocusing) anggaran terkait penanganan covid-19 pada APBD Tahun anggaran 2020 kepada DPRD.

"Kemarin (7/4) sudah kami sampaikan ke DPRD Beltim, Mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat segera dieksekusi langsung tergantung kondisi kedaruratan di kita," ujar Khidir saat ditemui posbelitung didepan kantor Bupati Belitung Timur, Rabu (8/4/2020).

Menurutnya, hal tersebut juga sudah sesuai dengan Peraturan mentri dalam negeri nomor 20 tahun 2020 tentang percepatan penanganan corona virus disease 2019 dilingkungan pemerintah daerah, instruksi dari mendagri RI tahun 2020 nomor 1 tahun 2020, tanggal 2 April 2020 tentang pencegahan penyebaran dan percepatan penganganan corona virus disease 2019.

"Anggaran tersebut dialokasikan ke komponen Belanja Tidak Terduga (BTT) pada belanja tidak langsung sekitar total Rp 30,4 Miliar lebih," ujarnya.

Dia menjelaskan penggunaan paling besar yakni diperuntukan untuk Rumah Sakit, Kesehatan dan sosial.

Pengerseran anggaran tersebut meningkat dari yang dipersiapkan sementara beberapa waktu lalu yakni sekitar 16,1 Miliar, menjadi sebesar Rp 30.431.570.459,- .

Sementara itu ditemui ditempat berbeda, Ketua DPRD Belitung Timur, Fezzi Uktolseja mengatakan bahwa DPRD Belitung Timur sudah menerima surat pemberitahuan terkait pergeseran anggaran untuk penanganan corona diwilayah Belitung Timur.

"Kemarin (7/4) sore sudah sampai ke kami surat tersebut, anggaran sekitar Rp 30,4 miliar, tinggal Pemda bikin perbub, langsung bisa action, sesuai edaran Permendagri juga paling lambatkan besok (9/4), alhamdulillah berarti hari ini langsung bisa tindak lanjut," ujar Fezzi.

Dia munuturkan dengan adanya anggaran besar tersebut, DPRD berharap Pemda segera action, membeli APD dan perlengkapan posko.

"Jangan sampai nanti angaran sampai 30,4 miliar tapi belum ada APD dan kelengkapan posko, angka ini kan lumayan besar untuk ukuran Belitung Timur," bebernya. (lui)

Penulis: Suharli
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved