Panik Berlebihan Hadapi Covid-19 Bisa Memicu Gangguan Jiwa

Mengenai cemas atau khawatir berlebihan, harus tetap berpikiran bahwasannya cemas atau khawatir yang berlebihan ini masih dalam batas normal

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi gangguan kejiwaan 

POSBELITUNG.CO - Pamdemi virus corona atau covid-19 di Indonesi telah menimbulkan kecemasan warga, bahkan terjadi kepanikan. 

Terlebih saat ini jumlah warga yang terinfeksi covid-19 terus bertambah, termasuk pasien terinfeksi yang meninggal dunia juga bertambah jumlahnya

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa (PDSKJI) Cabang Sumatera Utara mengingatkan bahwa kekhawatiran dan kepanikan yang berlebihan dalam menghadapi pandemi Covid-19 dapat mengakibatkan stres, cemas, gelisah, bahkan marah.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengendalikan atau membatasi informasi yang diterima.

"Jangan semua informasi diterima, cari yang sumbernya jelas supaya yang kita dapatkan adalah informasi-informasi yang tidak berlebihan,” kata dr  Dessy Mawar Zalia dalam videoconference di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut di kantor gubernur, Selasa (14/4/2020).

Kemudian, apabila sudah mengalami cemas atau khawatir yang berlebihan, Dessy menganjurkan teknik relaksasi yaitu melatih pernapasan atau melakukan meditasi.

Bisa juga melakukan olahraga secara teratur seperti yoga. Batasi aktivitas untuk beberapa hari terakhir.

Namun apabila tetap mengalami cemas atau gelisah yang berlebihan, dianjurkan menghubungi orang-orang terdekat atau orang yang dipercayai dengan tetap menjaga jarak yaitu melalui telepon ataupun media sosial.

Stres, pikiran yang terganggu atau perasaan yang tidak nyaman bisa menimbulkan gejala-gejala fisik yang disebut dengan psikosomatik, seperti merasa lemas, mudah lelah ataupun badan terasa pegal, mual ataupun muntah.

Apabila gejala psikosomatik ini bertahan dan tidak bisa diatasi bisa mengakibatkan gangguan jiwa.

Halaman
12
Editor: rusmiadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved