Breaking News:

Berita Belitung Timur

Pilkada Serentak Desember 2020, KPU Beltim: Itu Baru Kemungkinan, Tergantung Status Wabah Covid-19

Rizal menyampaikan menyambut baik kesepakatan stakeholder penyelenggara Pemilu tingkat pusat bahwa rasionalnya diadakan pada bulan Desember

Posbelitung.co/BryanBimantoro
Ketua KPU Beltim Rizal 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur menyambut baik penundaan tahapan pilkada serentak 2020 dan usulan pemungutan suara dilakukan 9 Desember 2020 mendatang.

Ketua KPU Beltim, Rizal menyampaikan menyambut baik kesepakatan stakeholder penyelenggara Pemilu tingkat pusat bahwa rasionalnya diadakan pada bulan Desember tanggal 9 akan datang.

"Itu baru kemungkinan, tapi memang dikesepakatan, itu tentunya akan melihat kembali situasi nasional terkait status tanggap darurat wabah Covid 19. Kedepan yang akan kami tunggu yaitu peraturan pemerintah pengganti undang-undang yang sudah diusulkan oleh KPU, Bawaslu dan DPRD serta pemerintah yang diwakili Kemendagri untuk menggeser wakti pelaksanaan pilkada 2020," ujar Rizal kepada awak media, Rabu, (15/4/2020).

Rizal mengaku bila pun usulan pemungutan suara pada 9 Desember jadi dilakukan KPU Belitung Timur tentunya sudah siap melaksanakan Pilkada 2020, sesuai arahan atau petujuk maupun peraturan uu yang akan nantinya diterbitkan presiden maupun PKPU terkait program tahapan dan jadwal pilkada 2020.

Ketua Bawaslu Belitung Timur, Wahyu Epan Yudhistira ditanya terkait usulan pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember 2020 mengatakan, Bawaslu Beltim mengikuti intruksi, Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Babel terkait pelaksanaan atau melanjutkan tahapan pilkada tahun 2020 di Beltim.

Ditanya sehubungan bila jadi pelaksanaan pilkada pada 9 Desember akan datang, terkait juga staf Panwaslu se-Beltim saat ini dalam kondisi sedang dirumahkan, menurutnya efektif bekerja kembali panwascam masih menunggu intruksi lebih lanjut.

"Sampai saat ini kami belum menerima intruksi terkait hal itu, kami tetap menunggu arahan dan Intruksi dari Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi, otomatis juga pertimbangan apa yang menjadi intruksi Bawaslu RI akan kami jalankan, karena waktu juga kami belum bisa memastikan," ujar Epan.

Ditempat lain, Sekda Kabupaten Belitung Timur, Ikhwan Fahrozi saat ditanya awak media apakah anggaran hibah pada pilkada 2020 kabupaten Beltim juga masuk dalam pergeseran anggaran untuk penanganan covid-19 kabupaten Belitung Timur. Ikhwan menyantakan masih menunggu hasil dari Vicon pada jumat akan datang bagaimana perintah pusat.

"Kami menunggu besok Jumat, ada vicon, kami menunggulah perintah pusat seperti apa, kita jangan buru-buru, tapi karena memang perintah pergeseran kita sudah melakukan pergeseran. Nanti akan ada penjelasan-penjelasan pusat," ujarnya.

Menurutnya Pergeseran anggaran sebagai antisipasi covid-19 yang di proyeksi terkait Kebutuan-kebutuhan kabupaten Beltim sampai dengan Oktober akan datang.

Halaman
12
Penulis: Suharli
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved