Breaking News:

Virus Corona di Belitung

Kamis Mendatang, Kemenag Belitung Akan Laksanakan Rikyatul Hilal dan Sidang Isbat

Seksi Bimbangan Masyarakat Islam (Bimas Islam) akan melaksanakan pemantauan hilal (Rukyatul Hilal) dan sidang Isbat

Editor: Ardhina Trisila Sakti
posbelitung.co/Ferdi Aditiawan
Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung Ahmad Tibroni 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung melalui seksi Bimbangan Masyarakat Islam (Bimas Islam) akan melaksanakan pemantauan hilal (Rukyatul Hilal) dan sidang Isbat, Kamis (23/4/2020) mendatang.

Kegiatan tersebut berdasarkan surat edaran dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung Ahmad Tibroni mengatakan ada beberapa tempat yang diberikan kewenangan untuk melaksanakan Rikyatul Hilal.

Tempat yang dimaksud tersebar di 82 titik, di 34 Provinsi yang ada di Indonesia. Tiga diantaranya di Provinsi Bangka Belitung.

"Terkhusus di Kabupaten Belitung akan dilaksanakan di Pantai Tanjungpendam. Sedangkan dua lainnya di Pantai Penagan, dan Tanjungkalian Muntok," kata Ahmad Tibroni kepada posbelitung.co, Selasa (21/4/2020).

Ia menyebutkan pelaksanaan Rikyatul Hilal insyallah akan dimulai sekira pukul 16.00 wib, dan setidaknya pukul 17.00 wib lebih sampai selesai.

"Kemungkinan nanti akan mengajak tim inti, serta teman-teman yang berhak melihat. Salah satunya Pengadilan Agama sebagai pengambil sumpah apabila Rikyatul Hilal tersebut dapat dilihat," ujar Ahmad Tibroni.

"Kemudian pada malam harinya, setelah lepas maghrib akan dilaksanakan sidang Isbat," sambungnya.

Selain itu, lanjutnya, Kemenag Belitung dalam hal ini bidang Bimas Islam sudah mendapatkan surat edaran (SOP) dari Direktorat Jenderal Bimas Islam tentang tata cara pelaksanaan sidang Isbat yang menganjurkan agar tidak mengumpulkan orang (massa).

Hal ini sebagai upaya mendukung program Pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19, terkhusus di Pulau Belitung.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved