Breaking News:

Satu Kru Kapal KM Bukit Raya Positif Covid-19, Pelni Lakukan Karantina ini

PT Pelni melakukan pengecekan kesehatan dan rapid diagnostict test (RDT) terhadap 86 kru kapal KM Bukit Raya setelah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok.

Penulis: tidakada008 | Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
Tribun Batam/Septyan Mulia Rohman
Kapal Pelni KM Bukit Raya saat sandar di Pelabuhan Tarempa 

POSBELITUNG.CO -- Sebanayk 86 kru Kapal KM Bukit Raya yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Senin (20/4/2020), dilakukan pengecekan kesehatan dan rapid diagnostict test (RDT) oleh PT Pelni.  

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro, mengatakan KM Bukit Raya sebelumnya berlayar dari Pelabuhan Pontianak untuk menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

"Pagi ini telah dilakukan pemeriksaan kesehatan serta RDT terhadap 86 kru KM Bukit Raya," ucap Yahya Kuncoro dalam keterangan tertulis, Senin (20/4/2020).

Ia menambahkan, berdasarkan hasil tes sebanyak 84 kru dinyatakan negatif, sedangkan dua kru lainnya menunjukkan hasil tes yang reaktif Covid-19.

"Kini keduanya telah dirujuk ke rumah sakit darurat Covid-19, untuk penanganan medis lebih lanjut," ujar Yahya.

Ketua IDI Bahas Corona, Soroti Amanah Jokowi soal Tes Massal: Enggak Salah, Harus Lebih Kerja Keras

Kemudian menurut Yahya, sebagai tindak lanjut atas pemeriksaan kesehatan, dua orang kru juga telah melakukan pemeriksaan swab.

"Kami akan terus memantau perkembangan kesehatan kru KM Bukit Raya terutama dua orang yang saat ini dirujuk ke rumah sakit, dan akan menunggu hasil pemeriksaan swab keduanya," kata Yahya.

Yahya menjelaskan, bahwa KM Bukit Raya akan melakukan karantina, dan portstay di Pelabuhan Tanjung Priok.

Selama kapal menunggu di pelabuhan, sesuai dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 sebanyak 84 orang kru akan menjalani isolasi mandiri dengan dengan pengawasan yang ketat.

"Selama pelaksanaan isolasi mandiri, kami akan mengawasi pola aktivitas, serta pola istirahat seluruh kru kapal. Kami juga akan menyediakan multivitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh ditengah situasi Covid-19," ujar Yahya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved