Breaking News:

Berita Belitung

Kajari Belitung Imbau Desa Ikuti Petunjuk Pusat Terkait Perubahan APBDes & Penyaluran BLT-Dana Desa

Desa diminta mematuhi segala pedoman teknis baik dalam penyusunan perubahan APBDes maupun penyaluran bantuan yang disebut BLT-Dana Desa.

posbelitung.co/Dede Suhendar
Kajari Belitung Ali Nurudin mengundang perwakilan Inspektorat, DPPKBPMD dan Apdesi Kabupaten Belitung membahas perubahan APBDes dan penyaluran bantuan BĹT-Dana Desa, Senin (20/4/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Kajari Belitung Ali Nurudin telah mengundang pihak Inspektorat, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) dan Apdesi Kabupaten Belitung membahas persiapan perubahan APBDes dan bantuan masyarakat terdampak Covid-19, Senin (20/4/2020) lalu.

Menurutnya dalam pembahasan tersebut pihaknya meminta desa agar mematuhi segala pedoman teknis baik dalam penyusunan perubahan APBDes maupun penyaluran bantuan yang disebut BLT-Dana Desa.

"Kami undang ini supaya desa dapat bimbingan secara teknis, karena OPD ini wajib memberikan bimbingan. Karena saya yakin tidak semua desa mengerti pengelolaan keuangan tapi kalau ada bimbingan mereka lebih tenang," ujar Ali kepada posbelitung.co, Kamis (23/4/2020).

Menurutnya hingga saat ini pihak desa rata-rata masih dalam tahap penyusunan anggaran untuk bantuan Covid-19.

Ia mengatakan Peraturan Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah mengatur hal-hal teknis seperti persentase pagu anggaran yang digunakan.

Selain itu, jajaran pemerintah desa juga harus membentuk tim relawan untuk mendata masyarakat yang layak menerima bantuan tersebut.

"Rentan memang karena pengadaan sangat dipermudah. Memang posisi kami hanya memberikan saran dan pemantauan, selebihnya domain mereka, Kejari Belitung tidak akan membentuk satuan tugas hanya memasukan Seksi Datun dibantu Intelejen," katanya.

(posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved