Kehabisan Uang untuk Menginap di Hotel, Turis Asing di India Terpaksa Mengisolasi Diri di Gua

Mereka memilih untuk isolasi diri di goa yang berada dekat dengan Rishikesh, sebuah kota di Uttarkhand.

Editor: Novita
tribun jateng/m syofri kurniawan
Ilustrasi menyusuri gua 

POSBELITUNG.CO - Enam turis asing yang sedang berwisata di Uttarakhand, India, terpaksa mengisolasi diri di goa.

Pasalnya, mereka telah kehabisan uang untuk menginap di hotel.

Melansir CNN, enam turis asing tersebut berasal dari Perancis, Turki, Ukraina, Amerika Serikat, dan Nepal yang terdiri dari 4 laki-laki dan 2 perempuan.

Mereka memilih untuk isolasi diri di goa yang berada dekat dengan Rishikesh, sebuah kota di Uttarkhand.

Menurut polisi setempat, para turis asing tersebut awalnya menginap di hotel tetapi lambat laun uang mereka mulai menipis sehingga, mereka putuskan untuk isolasi diri di goa. Sedangkan sisa uang mereka dipakai untuk membeli makanan dan barang penting lainnya.

"Mereka telah ada di goa tersebut sejak 24 Maret 2020, polisi menemukan mereka pada Minggu (19/4/2020) dan memindahkan mereka ke Swarg Ashram di dekat Rishikesh," ujar juru bicara polisi Uttarakhand Mukesh Chand, dikutip dari CNN.

"Kami minta mereka untuk karantina mandiri selama dua minggu sebagai tindak pencegahan, tetapi mereka terlihat sehat," lanjutnya.

Kasus turis asing langgar aturan lockdown di Rishikesh

Terkait turis asing di Rishikesh, sebelumnya terdapat kasus pelanggaran lockdown yang dilakukan oleh mereka.

Mengutip Kompas.com, sepuluh turis asing yang berasal dari Israel, Meksiko, Australia, dan Austria kedapatan tengah jalan-jalan di Rishikesh di tengah aturan lockdown.

Mereka akhirnya dihukum oleh polisi setempat dengan menulis "I did not follow the rules of lockdown so I am so sorry" sebanyak 500 kali.

Hukuman tak biasa tersebut diterapkan untuk membuat mereka jera.

Selain itu, sekitar 700 turis asing dari Amerika Serikat, Australia, Meksiko, dan Israel di Rishikesh telah melanggar aturan lockdown.

Sementara itu, warga India maupun turis asing dilarang memasuki kawasan negara bagian Uttarakhand sejak 20 Maret 2020, sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat.

Rishikesh sendiri merupakan salah satu kota wisata populer di Uttarakhand. Di kota ini, dulunya The Beatles mencari ketenangan batin di Ashram pada 1968. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Kisah Turis Asing di India Terpaksa Isolasi Diri di Goa, Kehabisan Uang untuk Hotel

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved